Smart Mom

be smart, be wise..

Kalau Si Kecil Tak Mau Minum Susu June 6, 2009

Filed under: Refleksi — smartmom @ 2:50 am
Tags: ,

Seorang teman mengeluh soal anaknya yang minum susunya tak teratur, sedikit-sedikit dan semaunya. Dia pun mencoba berbagai cara agar anaknya mau minum susus. Berganti-ganti merek dan rasa, demi mau minum susu. Sayangnya, si anak tetap takmau minum. Temans aya bersedih hati.

Saya tanya, apakah si anak mau makan, katanya mau tapi sedikit. ia takut gizinya kurang, maka ia mengandalkan susu.

Saya dapat poinnya. Pelan-pelan saya ungkapkan pandangan pribadi saya, yakni lebih memilih mengupayakan makanannya daripada susunya. Sama sama susah, tetap lebih berharga mengupayakan anak mau makan dengan sehat. Makan akan memberikan gizi yang lebih lengkap, berbeda dengan susu. Kan kita butuh kalsium? ya,memang, tapi kalsium tidak hanya ada di susu tapi juga di produk olahan susu maupun di bermacam sayuran terutama sayuran hijau.

Makan sayur, bukan hanya dapat kalsium, tapi juga dapat serat dan berbagai zat gizi lain.

Sementar, akau saya mengupayakan anak saya minum susu, dari berbagai merek, rasa dan warna, buat saya ini bisa mengakibatkan kebiasaan ang kurang baik di kemudian hari, yakni anak jadi menyukain rasa manis, warna warni makanan/minuman).

Kalau saya, anak tidak mau makan atau minum susu, saya akan biarkan karena kalau dipakas minum sususbisa merusak selera makan anak berikutnya. Tapi tentu saja saya teetap terus menawarkan dan membuat alternatif. Peer untuk ibunya ya…:)

 

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.