Smart Mom

be smart, be wise..

Mandi Hujan October 25, 2007

Filed under: healthy — smartmom @ 7:36 am

Pernah merasakan serunya mandi hujan? Saya seringkali melakukannya waktu kecil, sembunyi-sembunyi. Kalau orang tua saya tahu pasti dilarang, padahal saya sungguh iri melihat begitu bebasnya anak lain berlarian di tengah hujan.

Saya tidak boleh main air di tengah hujan karena sesudahnya saya pasti batuk dan pilek. Syukur-syukur kalau tidak dilanjutkan sesak nafas. Begitulah, sejak kecil yang saya pahami, air hujan membuat sakit.

Tapi, mengapa banyak anak lain tidak demikian? Ketika saya besar baru saya paham bahwa daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, dan ternyata bukan air hujan yang membuat saya batuk dan pilek melainkan ketidaktahanan tubuh saya terhadap udara atau cuaca yang dingin. Pun terjadi jika saya minum minuman yang terlalu dingin. Ya, saya alergi terhadap dingin.

Pada umumnya orang tua melarang anaknya mandi hujan dengan alasan nanti pilek, batuk dan sebagainya. Bisa dipahami karena air hujan adalah air yang tidak bersih. Mungkin ketika jatuh dari awan masih bersih, tetapi untuk sampai ke bumi, air hujan melewati jarak yang begitu jauh, di mana di udara kita penuh dengan kotoran, sehingga tidak mungkin air hujan yang sampai ke bumi akan berupa air yang bersih. Di dalam air yang kotor inilah kuman dan virus turut bermain-main.

Maka, jika ingin/perlu berhujan-hujan, selain harus siap basah, pastikan bahwa anda tidak alergi dingin dan daya tahan tubuh anda cukup baik. Jika tubuh fit dan anda tidak alergi, setelah mandi hujan anda hanya akan basah dan kedinginan(asal jangan terpeleset saat berhujan-hujan), seperti teman-teman masa kecil saya.

Selamat menikmati hujan yang mulai turun.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s