Smart Mom

be smart, be wise..

Tips Agar Banyak Minum Air Putih October 26, 2007

Filed under: healthy,tips — smartmom @ 5:56 am

Minuman yang sederhana, mudah diperoleh, relatif murah(hmm, sekarang banyak  juga air putih yang untuk memperolehnya kita perlu menguras kocek agak dalam) dan menyehatkan. Kalau Jaya Suprana mungkin akan menyebutnya air bening, karena memang  demikianlah rupanya, sehingga menyebutnya sebagai air putih dikatakan keliru. Tapi saya lebih senang menyebutnya dengan yang paling umum, air putih, tak perlu energi lebih untuk menjelaskan atau berdebat dengan lawan bicara.

Banyak orang tidak memiliki kebiasaan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, yang dirata-rata oleh para ilmuwan sebanyak 2 liter per hari dan lebih bagi orang-orang yang beraktivitas berat, termasuk olahragawan. Minum air putih, bukan hanya menyegarkan, tetapi juga menyehatkan. Membersihkan saluran cerna, mempertahankan suhu tubuh tetap stabil, menyehatkan jantung, menjaga kulit tetap sehat dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Menyadari berbagai manfaat ini, saya berkomitmen untuk minum dengan cukup setiap hari. Seringkali pekerjaan membuat saya menunda minum air saat haus sampai akhirnya benar-benar terlupa dan baru tersadar setelah menjelang sore, betapa sedikitnya air yang telah saya minum hari ini. Maka saya memiliki beberapa tips agar lebih banyak minum air putih.

1. Jangan minum seteguk dua teguk dari gelas anda, minumlah sebagian besar atau bahkan seluruhnya setiap kali minum

2. Segera penuhi gelas kosong anda begitu anda selesai minum

3. sampai di kantor, segera habiskan air yang tersedia di meja anda dan segera penuhi kembali

4. Bila perlu buat turus/tanda setiap kali anda menghabiskan satu gelas air

5. Bila memungkinkan sediakan pitcher atau teko dengan volume kurang lebih 2 liter dimeja kerja anda dan lakukan hal-hal di atas dengan lebih mudah, karena banyak orang menunda minum karena tidak bisa menghentikan pekerjaannya hanya untuk mengambil air untuk minum karena dianggap membuang waktu, apalagi bila jaraknya tidak cukup dekat dengan meja kerja.

Mudah-mudahan tips ini berguna. Silakan menambahkan bila ada tips yang lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s