Smart Mom

be smart, be wise..

Pertemanan Maya (2) December 7, 2007

Filed under: Refleksi — smartmom @ 4:15 am

Pertemanan maya yang saya jalani sungguh memberikan banyak pelajaran berharga. Sejauh ini, teman terbanyak saya ada di komunitas Multiply (MP). Rasanya seperti arisan setiap hari. Ada cerita seru, sedih, gembira, gagal, berhasil dan macam-macam suasana bisa saya temui saat mampir di MP teman-teman. Saling me-reply, memberi komentar, support, kritik dan berbagai tanggapan lain merupakan hal yang menguatkan hubungan satu sama lain.

Berteman di dunia maya ini membuat saya belajar menilai karakter seseorang dari tulisan atau  postingannya. Kendati demikian saya selalu menanamkan di kepala saya bahwa kondisi yang sesungguhnya tidak saya ketahui, karakter aslinya hanya bisa saya ketahui kalau bergaul di dunia nyata. Tapi memang dari kesan yang muncul itu membuat saya memiliki kecenderungan untuk lebih dekat dengan orang-orang tertentu.

Sampai saat ini, puji Tuhan, belum pernah saya mendapatkan kritik yang tajam menyayat hati atau melakukan perdebatan sengit di blog atau milis. Saya selalu berusaha menjaga etika pergaulan di internet dan beruntung, saya begaul dengan teman-teman yang melakukan hal yang sama.

Saya mendapatkan kritik-kritik yang membangun dan memberi pelajaran berharga untuk kemajuan diri saya dan bisnis kecil saya. Ya, bisnis kecil yang saya mulai dari internet. Dapur-dapur maya yang bertebaran membuat saya tergiur memiliknya juga, dan saya beranikan diri untuk belajar, juga dari dunia maya. Dapur saya, Dapur Kenari,  berkembang di internet. Dapur yang saya buat pada Mei 2007 dan saya launch di bulan Juli 2007. Sejak itu, puji Tuhan pengunjung dan pemesan mulai banyak. Sebagian besar pemesan belum pernah saya lihat wajahnya secara langsung dan acara kirim pesanan menjadi acara kopi darat singkat yang setelahnya menjadikan kami lebih dekat.

Secara keseluruhan, pertemanan maya telah mengubah hidup saya, menambah teman, membuka cakrawala dan kesempatan untuk maju.  Teman-teman saya sebelumnya (di dunia nyata) belakangan saya kontak kembali agar terus berhubungan, dan hubungan kami terjalin kembali lewat dunia maya ini. Tak sedikit pula saya menemukan kembali teman-teman saya yang ‘hilang’.

 

Leave a Reply

