Smart Mom

be smart, be wise..

Dokter yang Hebat* December 8, 2007

Filed under: healthy,Maya,Refleksi — smartmom @ 5:35 am

Tulisan ini saya persembahkan untuk seorang dokter hebat yang saya kenal lewat dunia maya di awal tahun 2006 lalu.

Saat itu saya sedang hamil 6 bulan. Kecanduan saya dan suami terhadap hal-hal yang berbau olah raga dan kerampingan tubuh membuat saya sudah mencari-cari informasi dan komunitas kebugaran jauh sebelum saya melahirkan. Rencana saya waktu itu adalah, saya akan segera memulai aktivitas kebugaran begitu masa nifas berakhir. Ternyata saya dipertemukan dengan sebuah mailing list hebat bernama sehat. Pada hari pertama saya aktif membaca mailing list tersebut saya melihat ucapan selamat ulang tahun yang bertubi-tubi dari para member terhadap sang dokter yang nampaknya begitu dipuja dan dihormati. Sebegitu akrabnya para member dan sang dokter sampai mereka memanggilnya dengan sebutan bunda.

Selama beberapa minggu saya mengamati lalu lintas milis yang begitu padat, mencapai lebih dari 100 email per har. Saya mencoba ‘membaca’ mengapa sang bunda begitu dikagumi. Akhirnya saya memperoleh jawabannya. Dari banyak diskusi di milis ini saya mendapat informasi yang kerap berbeda dari pandangan umum, tetapi sangat bisa saya terima secara akal sehat. Mitos-mitos dalam hal kesehatan yang selama ini saya yakini ternyata common sense belaka. Perlahan-lahan saya belajar, ternyata anggota milis diajak untuk menelaah sesuatu secara rasional, bedasarkan bukti, berdasarkan penelitian-penelitian yang pernah dilakukan oleh lembaga yang reliable. Cara berpikir saya berubah 180 derajat karena dokter hebat ini. Beruntung saat itu saya masih hamil, jadi cukup waktu bagi saya menimba ilmu untuk persiapan kelahiran bayi dan menjadi orang tua. Dengan suka cita saya selalu menceritakan kembali ‘dongeng-dongeng’ kesehatan dari milis ini kepada suami saya.

Kurang lebih 9 bulan setelah menjadi ‘anak’ bunda, barulah saya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan beliau. Ketika itu saya mengikuti acara seminar kesehatan yang dibuat grup sehat. Tema saat itu adalah Air Susu Ibu, Makanan Pendamping Air Susu Ibu dan Menilai Pertumbuhan Anak. Sangat cocok dengan kebutuhan saya dan anak saya yang saat itu berusia 5,5 bulan. Melihat bunda dan mendengarkan dongengnya secara langsung membuat saya makin tercerahkan dan mantap untuk mempelajari soal kesehatan dan tumbuh kembang anak secara lebih serius.

Puji Tuhan, aktivitas milis memberi kesempatan bagi saya untuk mengenal bunda secara lebih dekat. Saya pun mendengar langsung ‘dongeng’ awal mula munculnya grup sehat ini. Grup ini muncul dari keprihatinan bunda akan adanya penggunaan obat-obatan yang tidak tepat yang sangat beresiko. Bunda secara konsisten juga mengajak seluruh member untuk memberikan ASI, makanan terbaik bagi bayi, makan makanan olahan sendiri yang lebih sehat dan memberikan imunisasi tepat waktu anak sebagai wujud cinta orang tua pada anaknya.

Mudah-mudahan sedikit demi sedikit kondisi layanan kesehatan di Indonesia makin baik, bola salju kecil yang digulirkan bunda bergulir terus dan membesar. Mudah-mudahan bunda selalu sehat dan dapat terus membimbing smart parents dengan penuh cinta.

*tulisan ini juga dalam rangka menyambut hari ulang tahun GRUP SEHAT yang keempat pada tanggal 19 Desember 2007 mendatang.

 

Leave a Reply

