Smart Mom

be smart, be wise..

Makan pada Bayi dan Balita March 22, 2008

Filed under: feeding,healthy — smartmom @ 7:04 am

Makan, kendati merupakan hal yang alamiah, merupakan proses belajar yang tidak sederhana. Makan berkaitan dengan banyak hal yang sangat kompleks, bukan semata soal fisik, tetapi juga terkait dengan masalah psikologis, sosial dan budaya.

Sebagian besar dari yang saya lihat di sekitar saya, pemberian makan pada anak lebih banyak mengutamakan aspek fisik, yakni bagaimana makanan yang masuk ke dalam tubuh anak membuat berat badannya bertambah, tampak gemuk, berisi, sekel, bertambah tinggi dan sabagainya. Sebagian melupakan aspek-aspek terkait di sekitarnya, seperti cara makan, waktu makan, frekwensi, tekstur makanan, minat dan suasana saat makan berlangsung.

Saya ingat, dulu, ketika saya masih sekolah, seringkali menemani anak tetangga saya yang masih bayi, makan nasi tim campur, sepertinya makanan yang sehat, karena lengkap gizi, semua vitamin dan zat gizi ada di situ. lalu kadang saya membayangkan, nanti kalau saya punya bayi sendiri, saya akan membuat nasi tim yang isinya lengkap gizi seperti itu, saya akan eksperimen dengan macam-macam bahan makanan. Pikiran seperti ini saya lengkapi dengan berbagai resep untuk bayi yang saya temui di toko buku atau majalah.

Ketika akhirnya tercerahkan, banyak hal yang berubah dengan cara berpikir saya ini. Soal makan, kendati mudah, ternyata tidaklah sederhana. Mulai hari ini, mungkin saya akan banyak membahas soal makan pada bayi dan balita yang saat ini begitu memprihatikan dan banyak menyita perhatian saya.

 

One Response to “Makan pada Bayi dan Balita”

  1. Iva Says:

    Kalau bayi kami belum bisa makan sih jadi ga terlalu tahu tentang pola makan bayi dan balita.


Leave a Reply

