Smart Mom

be smart, be wise..

Persiapan Pemberian Makanan Padat Pertama April 15, 2008

Filed under: feeding — smartmom @ 12:36 am

Menjelang usia 6 bulan biasanya para ibu telah bersiap untuk menyongsong selesainya masa ASI eksklusif dan memasuki masa pamberian Makanan Pendamping ASI (MPASI). Kata pendamping dalam MPASI berarti makanan tidak memiliki porsi sebesar ASI. Jadi ASI tetap merupakan makanan yang utama, memenuhi 70 persen kebutuhan gizi bayi, dimana 30 persennya dipenuhi oleh makanan.

Kendati hingga usia satu tahun ASI tetap merupakan makanan yang utama, makanan padat perlu diperkenalkan. Keterlambatan pengenalan makanan padat bisa menghambat pengenalannya terhadap kegiatan makan dan makanan itu sendiri. Selain itu pertumbuhan rahang juga bisa terganggu.

Yang perlu disiapkan menjelang step baru ini terutama adalah niat kuat untuk memberikan makanan buatan rumah, sama seperti niat kuat untuk memebrikan ASI eksklusif di awal kelahiran. Ibu juga perlu mencari informasi mengenai tahapan pemberian makanan bayi yang tepat, agar segala kebaikan ASI eksklusif dapat disempurnakan dengan pemberian makanan yang baik dan sehat.

Memiliki komunitaas yang mendukung, sepertu halnya komunitas pendukung ASI eksklusif sangat membantu ketika orang tua menghadapi berbagai permasalahan dalam hal pemberian makan anak. Sejak awal harus disadari bahwa makan adalah suatu proses belajar, bukan hanya untuk anak tetapi juga untuk orang tua. Dalam proses belajar itu ada bahanyak hal yang harus diperhatikan, banyak hal yang mungkin dialami, dan orang tua sebaiknya cukup siap untuk hal itu. Dengan demikian setiap tahap dapat dijalani dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Sebuah situs yang menyajikan panduan dan olahan makanan buatan rumah salah satunya adalah www.wholesomebabyfood.com. Di situs tersebut dipaparkan secara terperinci dan terstruktur segala hal berkaitan dengan makanan bayi. Untuk panduan pemberiannya, www.sehatgroup.web.id menuliskannya secar terperinci dan lebih ringkas. Dari kedua web ini kita bisa melihat link sumber tulisan, dimana kita akan dibawa kepada informasi-informasi berharga lainnya. Selamat mencari informasi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s