Smart Mom

be smart, be wise..

Kapan Anak Boleh Mulai Makan Nasi? April 21, 2008

Filed under: feeding — smartmom @ 1:34 am
Tags:

Proses belajar makan yang dimulai ketika bayi berusia 6 bulan berkembang setahap demi setahap hingga anak akhirnya bisa makan seperti orang dewasa, yakin makanan yang padat, bertekstur kasar dan memerlukan koordinasi organ pencernaan mekanik yang lebih baik seperti menggigit dan mengunyah.

Beberapa literatur menginformasikan tahapan yang ideal untuk hal ini.

-usia 6 bulan, bayi makan makanan yang lembut dalam porsi kecil. Bahkan, di hari-hari pertama ia makan, sebaiknya konsistensi makanan cenderung cair, menyerupai ASI. Untuk membantunya agar tidak merasa asing dengan akanan baru ini, bubur untuk bayi bisa diencerkan dengan ASI.

-Usia 7 – 8 bulan, bayi bisa mulai diperkenalkan dengan makanan saring. Nasi, sayur, lauk disaring untuk mendapatkan tekstur yang lebih kasar namun masih cukup halus untuk dimakan bayi.

-Usia 9 bulan, bayi bisa mulai diperkenalkan pada tekstru makanan yang lebih kasar lagi. Misalnya, nasi tim yang tidak disaring. Sebagai tahap awal, bisa disaring sebagian, lalu dicampur. perubahan ini tidak akan mengejutkan indra pencernaannya. Setelah tahapan ini, bisa mulai diperkenalkan makanan yang teksturnya lebih kasar lagi, misalnya nasi lembek, saayuran cincang lebih besar dll.

-Usia 12 bulan diharapkan anak telah bisa makan makanan seperti orang tuanya.

Beberapa bayi ada yang mulai makan kasar lebih cepat ada yang lebih lambat. Umumnya ini tergantung pada rangsangan yang diberikan. Belum tumbuhnya gigi tidak menjadi halangan untuk terus meningkatkan tektur makanan karena tumbuhnya gigi bervariasi. Keterlambatan memperkenalkan makanan padat pada anak (salah satunya karena bayi belum memilii gigi) akan mengakibatkan anak menjadi sulit makan karena terlalu nyaman minum susu. Maka jangan tunggu anak memiliki ggi untuk meningkatkan tekstur makanannya. Jangan terjebak dengan kemudahan membuat minuman jus sekedar untuk membatnya makan lebih cepat dan mudah bagi pengasuh.
B

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s