Smart Mom

be smart, be wise..

Makanan Bayi di Usia 6 Bulan July 18, 2008

Filed under: feeding — smartmom @ 2:43 am
Tags: ,

Setelah selama 6 bulan bayi hanya makan dan minum ASI, tibalah saatny abayi mencicipi makanan yang lebih padat. Dari makanan cair menjadi makanan yang bertekstur, sungguh merupakan sesuatu yang baru bagi bayi, bukan hanya di mulutnya tetapi juga bagi organ pencernaan bagian dalam. Agar tidak terjadi keterkejutan baik secara fisik maupun mental, kita perlu mensiasati jenis makanan yang diberikan.

Dalam hal tekstur, upayakan makanan masih relatif cair, menyerupai ASI. Hal ini sangat membantu bayi karena reflek pencernaannya masih harus belajar, bagaimana menerima makanan dimulut alalu menelannya.  Soal rasa, agar bayi tidak terkejut dengan rasa baru yang diperkenalkan, padukan makanan dengan makanan yang selama 6 bulan pertama hidupnya dikenalnya dengan baik, yaitu ASI. Campur buburnya dengan ASI seencer mungkin. Setelah bebrapa hari dan nampak kemampuan dan reflek menelannya telah lebih baik, kita bisa tingkatkan konsistensinya menjadi lebih pekat. Seiring dengan meningkatnya konsistensi,  biasanya meningkat pula jumlah makanan yang dimakan.

Jangan langsung panik ketika anak menolak makan, terutama di awal-awal MPASI.  Ini adalah hal yang biasa terjadi. Tetap tawarkan  atau bila diperlukan bisa ditunda beberapa waktu sebelum dicoba lagi.

Di usia 6 bulan, selain bubur susu, anak juga bisa mulai diperkenalkan sayuran, buah dan jenis karbohidrat lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s