Smart Mom

be smart, be wise..

Mudik, Haruskah Menyerah Pada Makanan Instan? September 26, 2008

Filed under: feeding,healthy — smartmom @ 7:32 am
Tags: ,

Anda akan mudik ke kampung halaman? Sudahkan anda mempersiapkan bekal perjalanan untuk seluruh keluarga?

Pertanyaan yang sering saya terima adalah, makanan apa yang harus saya persiapkan untuk bayi/toddler. Kendati dalam perjalanan, kita tetap bisa mengupayakan seluruh keluarga makan makanan sehat. Saya akan sedikit menguraikan pengalaman saya mudik bersama dengan suami dan anak saya yang waktu itu berusia 8  bulan.

Apabila memungkinkan, misalnya anda mudik dengan kendaraan pribadi, anda bisa membawa kompor kecil untuk memasak ala kadarnya, namun bila tidak, jangan khawatir, anda tetap bisa menyajikan makanan yangb aik untuk keluarga. Saya mengkategorikan berdasarkan nutrisi:

1. Karbohidrat: Untuk 4-5 jam pertama, ubi/kentang/singkong rebus, makaroni panggang, , arem-arem lemper dan sejenisnya bisa menjadi bekal yang mengenyangkan. Untuk selanjutnya, havermut bisa menjadi pilihan. Anda bisa pilih yang quick cooking bila bisa memasak atau sediakan  havermut instan plain. Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas. kendati disebut instan, bahan makanan ini baik dikonsumsi, karena mengandung vitamin dan serat yang tinggi. Perbedaan yang instan dan quick cooking ada pada pemotongannya. Yang instan dipotong lebih halus sehingga lebih mudah matang saat diberi air panas. Roti gandum juga baik dan cukup praktis untuk dikonsumsi.

2. Untuk protein, pilih makanan yang kering seperti tahu/tempe panggang/kukus(tiriskan sampai kering, masukkan dalam wadah kedap udara) atau telur rebus.

3. Sediakan buah yang mengenyangkan seperti pisang, mangga, alpukat. Ini untuk memenuhi kebutuhan mineral, vitamin dan serat. Untuk sayur, bila memungkinkan anda bisa membawa sayur mentah untuk direbus sebentar di perjalanan.

4. Anda juga bisa menyiapkan keju yang sudah diparut untuk menambah cita rasa.

Anda tak perlu khawatir anak anda akan kekurangan nutrisi, karena setelah sampai di tempat tujuan anda bisa kembali membuat makanan seperti biasa. Ini jauh lebih baik ketimbang anda menyerah pada makanan instan. selamat berkreasi dengan bekal mudik dan semoga perjalanan danliburan anda menyenangkan.

 

2 Responses to “Mudik, Haruskah Menyerah Pada Makanan Instan?”

  1. 1nd1r4 Says:

    Wah tips yang berguna nih, sementara aq catat aja deh…habis baby-nya lum ada..heheheh😀

  2. smartmom Says:

    Hehehe… nanti pada saatnya mungkin berguna yah….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s