Smart Mom

be smart, be wise..

Makan dengan Smart Saat Hari Raya October 2, 2008

Filed under: Hari Raya — smartmom @ 8:36 am

Siapa yang tak tergiur dengan opor ayam, rendang dan sambal goreng ati untuk teman makan ketupat? Anda yang mungkin tidak terlalu suka pun mungkin tidak akan melewatkan menu tersebut di hari raya. Tentu saja, hal itu disebabkan menu ini adalah paket lengkap di hari raya Idul Fitri. Kita mungkin sering makan ketupat, rendang atau opor ayam, tapi tidak dalam suasana Idul Fitri di mana hampir semua orang menikmatinya dengan suka cita. Jadi, sudah pasti, sedikit atau banyak, kita pasti mencicipinya.

Selain masakan, ada pula penganan kecil yang lazim tersedia, seperti nastar, kastangel dan berbagai jenis kue lain yang sepertinya membuat mulut kita tak bisa diam, setidaknya begitulah yang saya alami.

Padahal, kita tentu tahu bahwa dalam keadaan apapun asupan makanan tetap harus kita kontrol. Lalu bagaimana caranya untuk tetap bisa menikmati makanan lezat tanpa khawatir, terutama untuk Anda yang sensitif, misalnya punya penyakit hipertensi atau diabetes.

Mungkin anada bisa mencicipinya sedikit saja masing-masing jenis makanan, dan janan lupa untuk memilih yang tidak terlalu manis atau tidak terlalu asin. Padukan dengan manis buah atau sayur alami. Misalnya anda makankue-kue manis, upayakan minumnya air putih saja atau minuman tawar.  Untuk makanan-makanan yang tidak bisa ditolak, paling tidak Anda tahu resikonya. Bila memang dalam seketika Anda akan menjadi sengsara, lebih baik dihindari sama sekali. Tapi bila tubuh masih bisa mentoleransi, alias kadar gula Anda saat bersilaturahmi tidak dalam keadaan yang membahayakan, mungkin bisa mencicipinya sedikit saja. Jangan lupa untuk menjaga asupan sayur dan buah untuk memberikan nutrisi yang lengkap dan serat yang cukup.

Apabila selama bersilaturahmi kita tidak dapat menolak makanan yang disajikan, pastikan Anda tidak makan atau ngemil lagi di  rumah.  Ini akan menghindarkan anda dari kenyang berlebihan dan tentu saja menghindari tumpukan lemak, kolesterol atau bahkan naiknya gula darah.

Nah, selamat menikmatai makanan spesial di hari raya. Boleh juga kalau Anda mau kirim ke Velbak.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s