Smart Mom

be smart, be wise..

Tip Mengurangi Penggunaan Garam dalam Masakan Rumah October 13, 2008

Filed under: healthy — smartmom @ 10:44 am
Tags:

Garam dapur atau NaCl mengandung natrium/sodium yang bersama klorida memberikan rasa asin di lidah. Rata-rata sodium yang masuk ke tubuh lebih besar dari yang tubuh butuhkan. Hal ini disebabkan karena lidah kita telah memiliki standar rasa gurih sehingga tanpa garam masakan menjadi hambar. Padahal, tidak terasa asin belum tentu tidak mengandung sodium.

Berikut ini adalah yang saya lakukan untuk mengurangi konsumsi garam di rumah:

1. Bila ada sambal, saya lebih senang merebus sayur tanpa bumbu. Sambal yang kita buat sudah mengandung garam danini lebih baik daripada makan sayur sop dengan sambal misalnya.

2. Memasak tahu putih, bisa dilakukan tanpa garam karena rasanya sudah enak (biasanya tahu diawetkan dengan garam)

3. Telur sudah enak dan gurih, sehingga tak perlu tambahan garam. Untuk sayuran yang dibuat orak arik dengan telur, tambahan garam bisa jauh lebih sedikit karena rasa telur yagn sudah gurih.

4. Masakan dengan saus/ kuah terpisah labih baik tidak disiram di atasnya melainkan diletakkan di pinggir. Misalnya siomay atau gado-gado. Makanlah dengan mencolekkan sayur/siomay ke bumbu. Ini akan mengurangi jumlah bumbu yang dikonsumsi.

5.  Batasi penggunaan kecap, saus dan sebagainya. Anda yang hobi kecap bisa menguranginya dengan membuat frekwensi pemakaian dalam seminggu atau mentargetkan satu botol untuk jangka waktu tertentu.

6. Secara bertahap, kurangi sedikit demi sedikit penggunaan garam dalam masakan, dan semakin lama anda akan semakin terbiasa. Ini hanya masalah kebiasaan.

7. Jangan lupa tanamkan dalam pikiran Anda, bahwa yang tubuh anda butuhkan adalah gizi dari bahan makanan bukan rasa asin garam.

Baru ini yang saya ingat. Anda tertarik untuk mencoba?

 

One Response to “Tip Mengurangi Penggunaan Garam dalam Masakan Rumah”

  1. infogue Says:

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s