Smart Mom

be smart, be wise..

Bila Anak Mengemut Makanan November 7, 2008

Filed under: feeding,tips — smartmom @ 5:25 am

Sungguh tidakmenyenangkan mendapati anak kita mengemut makanannya. Puji Tuhan saya bisa menghindarkan anak saya dari kebiasaan itu.  Pernah saya dapati demikian, namun bisa segera saya alihkan dan kebiasaan yang sering muncul itu tidak sampai  membuat saya geram.

Kecenderungan ini memang sering kita dapati pada anak-anak, oleh karena itu, menurut saya, kita harus melihatnya sedini mungkin  untuk bisa menghindari berlanjutnya kebiasaan itu.

Berikut saya akan berbagi apa saja yang saya lakukan untuk menghindari hal  tersebut.

1. Siapapun yang menyuapi anak, sebaiknya juga sambil makan dan mengunyah. Ini juga bisa membuat anak lebih menikmati makannya. Kita pun lebih senang makan bersama daripada makan sendiri bukan?

2. Bila anak mulai mengemut makanannya, perlihatkan ekspresi mengunyah yang baik dengan lebih ekspresif.

3. Acara makan bisa diiringi lagu dengan beat yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Hal ini  tanpa sadar memberi tempo kunyahan pada anak.

4. Acara makan bisa dihentikan  bila sudah 30 menit . Hal ini untuk membari patokan waktu pada anak agar makannya bisa dipercepat. Tak usah bingung bila yang dihadapi bayi, karena inilah yang saya lakukan pada anak saya. Justru bayi, yang  notabene belum bis bahasa verbal, masih sangat mudah kita ‘atur’  melalui pembiasaan. Pada saya dan banyak teman, ini sangat membantu sekali. Mungkin anak masih lapar. Bila protes, berikan pengertian bahwa ia harus makan lebih cepat, jangan mengemut.

Untuk menjaga agar anak tidak kelaparan, tawari anak untuk makan lagi 30 menit kemudian. Bila anak lapar, ia akan memakan makanannya, dan Anda bisa lalukan lagi poin 1-3. Jangan takut anda menjadi terlalu kenyang karena mengikuti  pola makan anak anda. Tentu ana da bisa mengatur porsi yang anda makan.

Satu hal penting, jangan lupa untuk selalu menjelaskan aturan yang anda buat pada Anak anda. Jangan sepelekan usianya yang masih bayi. Jelaskan saja mengapa ia harus makan lebih cepat. Sampaikan dengan lembut, eye to eye contact, anak akan mencoba memahaminya.

Mudah-mudahan trik saya bisa diterapkan pada anak Anda. Silakan berbagi trik yang lain di sini ya…

 

Leave a Reply

