Smart Mom

be smart, be wise..

Sometimes Foods dan Everyday Foods November 13, 2008

Filed under: feeding,healthy — smartmom @ 1:34 am

Dua istilah di atas saya ambil dari buku anak saya: Happy Healthy Monster. Salah satu seri dari Sesame Street. Buku ini begitu berharga bagi saya. Untuk mendapatkannya, saya titip dari seorang teman yang bekerja di ngeri Merlion dan seorang teman lagi yang membawakannya ke sini.

Saya memperkenalkan istilah tersebut pada anak saya ketika usianya dua tahun lebih sedikit. Kendati pola itu telah dia jalani sejak bayi, saya merasa perlu memberikan penjelasan lebih lengkap.

Sometimes foods adalah makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari, boleh dikonsumsi sekali-sekali saja, contohnya, cake, cookies, coklat, soft drink dan snack ringan lainnya. Sebaliknya everyday foods adalah makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari, seperti sayur,  buah, nasi, susu, yogurt dan lain-lain.

Saya menjelaskan ini kepada anak saya mengingat frekwensi saya membuat kue cukup tinggi, jangan sampai sehari-hari dia lebih banyak makan kue daripada makanan utamanya. Puji Tuhan semua berjalan lancar. Dia tahu makanan yang kadang-kadang atau sekali-sekali dan makanan setiap hari. Banyak teman meragukan apakah hal itu bisa dipahami anak umur dua setengah tahun, dan saya beruntung, anak saya mengerti.

Beberapa makanan yang oleh anak saya digolongkan sebagai makanan sekali-sekali,  seperti snack ringan atau soft drink tidak mungkin tersedia di rumah saya. Tapi, bila suatu hari mungkin anak saya bermain bersama temannya, lalu diberi, tentu saya tidak bisa memaksa anak saya menolaknya. paling tidak dia tahu golongan manakah makanan itu dan saya menjelaskan mengapa makanan/minuman itu bukan termasuk golongan yang baik untuk dikonsumsi. Beberapa kali, anak saya ditawari permen oleh temannya, dan saya bersyukur, anak saya menolaknya dengan alasan nanti giginya rusak.

Anak-anak memang belajar dari kebiasaan. Bila kita membiasakan makan makanan sehat dengan memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan masuk akal, dia pun akan menerimanya dengan baik dan mudah-mudahan terinternalisasi dalam dirinya sampai dewasa. Saya masih terus berjuang, bagaimana dengan anda?

 

Leave a Reply

