Smart Mom

be smart, be wise..

Konstipasi Bisa Dihindari November 20, 2008

Filed under: healthy — smartmom @ 12:08 pm
Tags:

Konstipasi, yakni keadaan di mana seseorang kesulitan untuk buang air besar (BAB), terjadi dalam kadar yang berbeda-beda. Dari yang hanya agak sulit sampai yang seolah-olah membatu dan membuat seseorang sampai kaku dan menangis.

Pola makan yang kurang serat dan kurang cairan akan dengan mudah ‘menyiksa’ anak ketika BAB. Hal ini seharusnya tidak perlu terjadi apabila konsumsi makanan dan minuman sehari-hari mengikuti pola makan seimbang seperti tergambar dalam piramida makanan. Pemilihan makanan yang bervariasi menjamin pengeluaran feses lancar dan kita bisa terhindar dari masalah.

Namun, apabila konstipasi sudah terjadi, Anda tidak perlu buru-buru panik dan mencari pencahar karena kita bisa ‘mengobati’nya dengan mudah. Lihat saja penyebabnya. Evaluasi pola makan dan perbaiki, pelan-pelan konstipasi akan selesai juga dan Anda harus mempertahankan pola ini agar tidak terserang konstipasi lagi. Pemberian pencahar sebaiknya tidak menjadi pilihan utama, karena hanya menyelesaikan masalah sesaat dan tanpa perubahan pola konsumsi, konstipasi akan datang kembali. Jadi, mari kita makan sehat mulai hari ini!

sumber: http://www.mayoclinic.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s