Smart Mom

be smart, be wise..

Camilan Apa yang Baik Untuk Bayi? December 2, 2008

Filed under: feeding,healthy — smartmom @ 5:31 am
Tags:

Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan seperti ini. Jawaban saya sederhana, sayur dan buah. Lho, bukannya biskuit bayi? Saya pasti mengatakan bukan. Alasannya sederhana. Ketika kita dewasa seperti ini, camilan yang  paling baik adalah camilan sehat serti buah dan sayur, apalagi untuk orang dewasa yang beresiko diabetes atau kolesterol tinggi. Nah, untuk memiliki kebiasaan ini tidaklah mudah. Setidaknya itulah pengalaman saya.

Kita yang terbiasa makan snack ringan, roti, biskuit, kukis sebagai camilan akan kehilangan bila tidak mengkonsumsinya. begitu pun dengan frekwensinya. Bila terbiasa setiap saat harus mengudap pasti mulut rasanya gatal bila tidak mengunyah. Jadi, saya memilih untuk memperkenalkan kebiasaan baik itu sejak anak saya kecil (baca: bayi). Memberikan camilan tidak setiap saat tapi pada waktu-waktu tertentu, misalnya selingan antara makan pagi dan makan siang dan makan siang dan makan sore. Hal ini akan memperkenalkan pola pada pencernaannya. Bayangkan bila anak terbiasa mengudap setiap saat dan dia harus belajar di sekolah selama beberapa jam, pasti dia tersiksa.

Pilihkan kudapan yang sehat, mengandung serat tinggi, mineral dan vitamin. Saya memilih tida kmemberikan biskuit ketika anak saya bayi untuk membiasakannya dengan camilan sayur dan buah. Ini untuk menghindari resiko terlalu doyan biskuit di masa yang akan datang. Selain itu, biskuit bayi sekalipun mengandung gula dan garam yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi.

Saat anak lebih besar, kebiasaan ini sebaiknya dilanjutkan. Sepertiyayng saya kemukakan pada tulisan sometimes foods dan everyday foods, biskuit adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi sekali sekali bukan setiap hari, jadi saya juga tidak menyediakannya di rumah. Kalaupun saya membuatkannya biskuit/kukis, saya pilihkan yang mengandung bahan utama penuh serat seperti beras merah atau havermut. Kalaupun sesekali anak saya makan biskuit yang diberikan temannya, dia makan dengan sadar bahwa makanan itu adalah makanan yang dimakan sesekali saja. Beginilah cara saya membangun kebiasaannya, mudah-mudahan bisa terinternalisasi penuh dalam dirinya.

 

One Response to “Camilan Apa yang Baik Untuk Bayi?”

  1. Tubuh kita memang membutuhkan makanan sehat yang mengandung buah dan sayur,karena dalam buah dan sayur banyak mengandung anti oksidan


Leave a Reply

