Smart Mom

be smart, be wise..

Terbiasa dengan Sayur January 19, 2009

Filed under: healthy — smartmom @ 1:47 pm

Banyak teman-teman bertanya pada saya, bagaimana saya membuat anak saya suka sayur. Ya, anak saya nampaknya lumayan suka sayur, walaupun saya tetap saja was-was, dia benar-benar suka atau sekedar mau makan sayur. Artinya, saya tak yakin juga kalau ada pilihan lain dia akan tetap memakan saayur yang disajikan.

Sejauh ini, saya memang tak banyak memberikan pilihan pada anak saya. Sehari-hari saya hanya menyediakan sayur dan lauk pauk di rumah. Camilan terbatas pada ubi/kentang rebus, sayuran, roti gandum atau lebihan kue yang sering saya buat untuk orang lain.

Dengan pilihan yang terbatas ini, anak saya makan apa saja. Buncis, wortel, kentang, ubi, apapun yang saya atau ibu saya sediakan. Mungkin kalau saya sedia biskuit atau snack ringan lain, anak saya akan memilih makanan tersebut, saya tak tahu, yang jelas saya memutuskan tak menyediakan makanan itu di rumah.

Makanan-makanan ringan itu, pernah juga dikonsumsinya ketika main ke rumah kerabat atau main dengan temannya, tapi karena tak terbiasa, anak saya tak mau banyak makan itu. Hmm, ada gunanya ternyata, membiasakannya makan makanan yang terbatas.

Saya memang bukan ibu yang kreatif dan pandai memasak, sehingga makanan yagn saya sediakan sepertinya itu-itu saja: tumisan, tahu tempe dan ayam rebus, telur dadar, sup, sayur bayam dan makanan lain yang sangat sederhana.  Puji Tuhan, anak dan suami saya masih mau memakannya. Nasi merah pun masih dimakan oleh mereka. Sangat menyenangkan yah..saya tak perlu repot masak yang susah-susah. Tapi akibatnya, saya jadi ibu yang tetap tak pintar memasak. Resiko yang harus saya ambil nampaknya.

 

Leave a Reply

