Smart Mom

be smart, be wise..

Makan Dengan Dongeng February 2, 2009

Filed under: feeding,Refleksi — smartmom @ 1:46 pm

Mama: Damai, makan yuuk..!
Damai: Makan apa ma?
Mama: Sini, liat deh… warna warni nih..
Damai: Apa tuh ma?
Mama: Kata Elmo, “Eat your colors everyday..!’ Jadi, kita mesti makan
yang warna warni tiap harinya… makan macem2. Coba Damai sebutin ini
warna apa aja?
Damai: Orange (wortel), putih(kembang kol), ijo (timun), merah(nasi),
putih(tahu), kuning(kentang).
Mama: Yeeee..pinter… sekarang kita ajak temen2 Damai ini main di
perut Damai yah… Naik kereta…gimana? jes..jes..jes… (Damai heboh
kesenangan)
Mau siapa dulu yang diajak naik kereta?
Damai: Kembang kol!
Mama: Oke…(merubah suara) Asik..asik..aku diajak naik kereta mau
main sama Damai…Aku boleh ajak wortel gak?
Damai: Boleh..
Mama: Horee…yuk..yuk..wortel, kita sama-sama naik kereta…(Damai
mangap, makan kembang kol dan wortel)
Damai..damai.. aku ikut juga doong…(mama megang kentang, Damai
mangap lagi)
Damai: Aak…
Mama: Hmm, keretanya masih penuh kentang…sabar yah…nanti juga
keretanya ke sini lagi. (damai kunyah2 semangat)
Damai: Ma, udah kosong keretanya…
Mama: Wah, sekarang siapa aja yang mau ikut…nasi..nasi…ayuk, kamu
ke sini, itu adiknya kentang duluan yah (kentang potongan kecil), trus
kakak timun ikut juga ya…
Damai: Iya… (mangap, makan kunyah2, telen)
Mama: Hore, kerta udah sepi nih..siapa lagi yang mau ikut aku main di
perut Damai? Ayo, sekarang giliran timun, nasi sama kembang
kol…boleh ya Damai?
Damai: kentangnya juga ma..adeknya aja (yang kecil maksudnya)
Mama: Oke…yuk..mari semua …dst

Makanan habis.

Mama: wah, pasti semua sekarang senang deh… semua bisa main di perut
Damai… perut Damai kenyang..coba mama dengerin, pada main apa sih?
Damai: Pada bercanda, Ma
Mama: hihihi

(lanjutannya panjang)

Acara makan berlangsung menyenangkan. Ini
salah satu bahan cerita rekreasi untuk makan sehari-harinya Damai. Kadang
Damai sendiri yang membuat ceritanya, mamanya ikut alur saja. Damai pun
ikut main ubah-ubah suara. Sangat menyenangkan.

Kadang tujuan kereta pindah ke Solo, Jogja, Bandung atau ke Monas.
Mulutnya bisa menjadi sepeda, motor, mobil atau pesawat, terserah Damai.
Makannya berapa lama? Macam-macam, dari 30 menit hingga 1 jam. Lama?
Iya, tapi bukan lama karen-a cerita dan mengemut, itu benarbenar acara makan yang padat
mengunyah. Lamanya karena tambah lagi dan tambah lagi.

Damai senang makan disuapi mama papanya, karena imajianasinya bisa
sangat liar…mbahnya juga sekarang udah mulai ikut begitu. Kalau menyuapi,
mbahnya diminta pejam mata dan pura-pura kehilangan makanan. Damai senang sekali
dan makan menjadi cepat. Kalau makan sendiri, tetep bisa sambil
mendongeng, sama seperti biasanya, bedanya dia cerita sendiri, makan
sendiri, pendampingnya(mama/papa/mbah) tinggal mengikuti.

Ini salah satu cara menyenangkan untuk makannya Damai, sudah sejak bayi
dilakukan, bedanya dulu Damai hanya bisa tertawa, sekarang sudah bisa
mendongeng sendiri.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s