Smart Mom

be smart, be wise..

Memaksimalkan Serat dalam Makanan February 23, 2009

Filed under: feeding,healthy — smartmom @ 1:13 pm

Saya senang memasak dan membuat kue. Bahagia rasanya melihat keluarga saya makan makanan hasil karya tangan saya. Mengingat konsumsi karbohidrat yang cukup tinggi (selain makanan sehari-hari, kue-kue banyak menggunakan tepung), saya harus mengimbanginya dengan protein dan serat yang cukup.

Khusus untuk serat, selain berusaha tetap mengkonsumsi nasi merah, saya mengganti sebagian atau seluruh tepung untuk kue dengan havermut, nekatul atau tepung gandum utuh. Misalnya, membuat roti havermut, pancake havermut, muffin gandum atau havermut bahkan bubur kacang hijau havermut atau bekatul.

Selain itu, selain masak sayur,  lauk pauk banyak saya kombinasikan dengan sayuran, misalnya tumis ayam dengan wortel, omelet isi sayuran, pepes ikan dan sayur dan lain-lain. Sungguh tak ada ruginya memaksimalkan penggunaan sayuran untuk makanan sehari-hari. Pasti tubuh lebih sehat, kita pun menjadi lebih kreatif. Anda mau berbagi resep?

Resep-resep saya bisa dilihat di http://sisiliapa.multiply.com

 

2 Responses to “Memaksimalkan Serat dalam Makanan”

  1. garasibu Says:

    Halo Smartmom..
    Boleh dong aku belajar makanan yang kaya serat..

  2. smartmom Says:

    Ibu, saya sudah mulai belajar menanam sayur di rumah lho..trimakasih atas inspirasinay ya… sukses untuk ibu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s