Smart Mom

be smart, be wise..

Pilihan Bekal Sekolah March 18, 2009

Filed under: healthy,parenting — smartmom @ 8:12 pm
Tags:

Seorang tetangga saya membuat sekolah bermain gratis untuk anak-anak sekitar rumahnya. Setiap kali datang ke sekolah, anak-anak ini diharapkan membawa bekal untuk dimakan pada saat jeda aktivitas. Sayangnya, sebagian orang tua memilih membeli jajanan di warung terdekat untuk menjadi bekal ‘sekolah’ anaknya. Tentu saja dengan berbagai alasan, lebih mudah, murah (apakah benar?) dan sama sekali tidak repot.

Mempersiapkan bekal sekolah anak seringkai dianggap terlalu merepotkan, padahal kualitas bahan makanan dan kebersihan lebih terjamin (sebagai, orang tua menjadilebih kreatif dan anak berkesempatan menunjukkan apresiasinya terhadap orang tua.  Bekal sekolah ini pun saya anggap investasi kesehatan. Dengan makanan yang terjamin sehat, kita memperkecil resiko terkena penyakit yang bisa mengganggu aktivitas anak dan menggangu orang tua secara finansial (asuransi tidak meliputi biaya Anda  mondar-mandir ke rumah sakit kan? belum lagi kerepotan karena sakit tak akan terbayar).

Seorang teman menampilkan  variasi bekal anaknya di blog.  Saya yakin, sang anak sangat bangga dengan ibu yang begitu rajin ini. Terinspirasi dari bekal-bekal anaknya, saya mencoba merangkumnya menjadi kumpulan tip.

Berikut beberapa tip untuk mempersiapkan bekal sekolah anak:

1. Buat jadwal dan menu selama satu minggu atau lebih. Akan lebih menyenangkan dan memberi pengalaman baru bila anak dilibatkan dalam proses pembuatannya.

2. Periksa dan persiapkan bahan.

3. Kategorikan mana bekal yang bisa dibuat pagi hari mana yang harus dibuat pada malam hari sebelumnya.

4. Pilih yang sederhana sesuai kemampuan Anda.

5. Tampilkan dengan menarik. Bekal yang sederhana bisa tetap disuka anak bila kita tampilkan lebih menarik, misalnya, roti tawar dan buah yang dipotong dengan cookie cutter atau cetakan pemotong  kue kering, nasi ayng dicetak bentuk tertentu, disusun berwarna warni dan sebagainya.

6. Dari bahan yang sama, buat berbagai variasi yang berbeda, misalnya kentang dilumat dengan campuran daging dan keju, di saat lain Anda bisa membuat omelet kentang.

7. Ajak anak mengemas bekalnya di pagi hari

Ada yang ingin menambahkan?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s