Smart Mom

be smart, be wise..

Sambal Kacang yang Nikmat May 19, 2009

Filed under: feeding — smartmom @ 6:06 am

Tiba-tiba saja ingin berbagi soal sambal kacang. Kebetulan, tadi pagi saya sarapan dengan sambal kacang alias sambal pecel. Mengapa sepertinya istimewa? Karena kacang untuk sambal tersebut tidak digoreng, melainkan dipanggang. beda sekali rasanya, jauh lebih gurih tanpa intervensi rasa minyak pada sambelnya.

Selama ini kacang panggang hanya jadi camilan untuk suami saya. Kacang baik untuk jantung, kira-kira 1-2 genggam per hari. Nah, selain dipanggang, kacang bisa dihaluskan untuk menjadi selai kacang maupun saus kacang (dengan atau tanpa bumbu lagi).

Saya menyimpan kacang panggang di tempat tertutup rapat. yang sudah dihaluskan biasanya saya simpan dilemari es, bila dibutuhkan tinggal digunakan. Baik juga menyimpan dalam rupa sambal pecel, sehingga hanya perlu mencairkan bila dibutuhkan.

Bila membutuhkan untuk isi roti, andaa tinggal oles roti dengan mentega lalu menaburkan kacang cicang/ halus di atasnya. Bila ingin berupa selai, kacang dan mentega  bisa dicampur dulu hingga menyerupai pasta. Untuk anak yang tidak suka pedas,   bisa dibuat sambal pecel; pura-pura atau saus kacang biasa. Anda hanya perlu mencairkan sebagian dari kacang halus tersebut dengan air.

Ini sebagian yang saya lakukan. Anda mau berbagi juga?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s