Smart Mom

be smart, be wise..

Makan Hingga Berjam-jam, Akankah Dibiarkan? August 17, 2009

Filed under: feeding — smartmom @ 11:07 am

Berapa lama waktu makan anak anda? Pasti jawabannya bervariasi.

Beberapa waktu lalu, saya membaca soal keluhan orang tua yang anaknya makan hingga berjam-jam baru habis. Kalau tidakdituruti selama itu makaorang tua khawatir kebutuhan gizinya kurang.

Saya jadi berpikir,kalau sekali makan 3 hingga 4 jam dan dalam 1 hari ada3 kali makan, maka dalam satu hari, separuhnya digunakan untuk kegiatan makan. Padahal masih ada kegiatan tidur yang mengambil porsi waktu cukup lama, sekitar 8 jam. Berapa sisanya? Sedikit sekali yang tersisa untuk kegiatan lain.Padalah usia balita adalah waktunya untuk belajar dan mengeksplorasi banyak hal.

Bagi saya, penting untuk mengajari anak soal kebutuhan dan cara memnuhi kebutuhan itu. Dalam hal ini, soal makan, anak perlu belajar tentang rasa lapar dan bagaimana mengelola rasa laparnya serta cara menyelesaikan masalah tersebut.

Bagi anda yang memiliki masalah ini, cobalah mencatat durasi makan selama 1 minggu. Apakah sertiap hari makin lama atau makin lambat? Anda bisa sharing di sini.

Terkait soal waktu, coba kita cermati, apakah yang dilakukan anak saat kegiatan makan. Banyak anak makan sambil bermain, berjalan-jalan, naik sepeda, bahkan menonton televisi. Karena apa yang dilakukan tidak fokus, tidak heran bila dibutuhkan durasi yang panjang untuk menyelesaikan acara makan.

Bagi saya, makan bukan  sekedar soal belajar mengunyah dan menelan, banyak nilai dan pengetahuan yang bisa dipelajari dalam kegiatan itu. Anak saya belajar disiplin dengan tidak bermain atau membaca saat makan. Ini agak berbeda dengan saat pada masa MPASI di mana kadang bayi membutuhkan bantuan untuklebih nyaman di kursi makannya, hingga saya bewrikan beberapa mainan. Tapi tetap, fokus diarahkan pada makanan, dan makin besar, mainan pelan-pelan disingkirkan dibarengi dengan penjelasan mengapa wsaat makan tidak boleh bermain.

Kedisiplinan ini terasa sekali manfaatnya saat anak saya sudah makin besar. Saat orang tua atau pengasuh kesulitan mengejar-ngejar anaknya dan merayu-rayu agar makan lebih cepat, saya dan anak saya makan bersama dengan nyaman. Kalau anak saya ingin bermain, makan dia harus makan lebih cepat (tentu saya perhatikan dan ingatkan untuk berhati2 makannya). Kalau makanan tidak dihabiskan dan dia keburu ingin bermain, saya akan jelaskan bahwa dia akan kekurangan tenaga untuk beraktifitas. Kalau ia tetap memilih bermain, kegiatan makanbisa dihentikan, dan makan berikutnya porsi saya kurangi. Tentu saja dengan penjelasa,karena makanan sebelumnya dia tidak habiskan, maka sebaiknya dia ambil makanan sedikit, bila kurang baru tambah. Sejauh ini… saya memetik hasil yang baik untuk usaha saya selama ini.

 

2 Responses to “Makan Hingga Berjam-jam, Akankah Dibiarkan?”

  1. Ya, biarkan saja..
    hhehehe
    _______________________________________________________
    http://WWW.KENALANYUK.COM <== facebook buatan INDONESIAA ASLIIII!!! AYOOO GABUNG!!!!

  2. farida Says:

    wah senang sekali ya bisa seperti itu. saya harus menggendong anak saya untuk diajak jalan2, kadang2 mendorong dia naik sepeda, dan juga sambil main dan melihat televisi. capek juga tiap hari harus seperti itu.tapi gmn lagi, anak saya masih 1 th, dimarahin jg ga mudeng, diajak makan didlm rumah hrs liat tv sambil main. kalo ga gtu, diemut terus.


Leave a Reply

