Smart Mom

be smart, be wise..

Menyimpan Masakan Matang January 20, 2010

Filed under: feeding — smartmom @ 12:25 am

Saat order kue sedang banyak, saya sering tidak sempat membuatkan bekal untuk suami saya, bahkan sarapan pun seadanya. Semua memang saya lakukan sendiri, tanpa asisten, jadi kalau tidak benar-benar cermat, jadwal saya seharian bisa menjadi berantakan.

Belakangan saya menemukan cara yang sangat membantu menghemat tenaga dan waktu saya. Cara tersebut adalah, memasak makanan hingga matang dan menyimpannya menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan.

Hal ini berlaku  untuk nasi dan lauk. Untuk sayur, tetap saya upayakan segar, atau minimal sayur potong beku yang saya rebus (muncul biat membekukan sayuran sendiri, tapi belum sempat terlaksana. Nanti kalau sudah akan saya ceritakan hasilnya)

Lauk yang biasa saya masak dalam jumlah banyak adalah: ayam, tahu, tempe ungkep (tanpa santan). Setelah matang, saya pisahkan menjadi beberapa bagian diwadah bertutup rapat, lalu dimasukkan lemari es. Bila akan dipakai lebih dari 2 hari bisa juga dimasukkan dalam freezer.

Saat menghidangkan, saya hanyua perlu memanaskannya di wajan anti lengket. Demikian juga dengan nasi . Cara lain adalah dengan dikukus, tapi saya jarang melakukannya karea dengan wajan antilengket jauh lebih cepaqt dan praktis.

Selebihnya, saya hanya perlu merebus sayuran ( bisa dipotong-potong malam sebelumnya). Cara ini  sangat membantu saya dalam keterbatasan. Kandungan gizi mungkin sedikit berkurang  (sedapat mungkin dipertahankan dengan tidak terlalu lama memanaskan), namun saya senang karena bisa menyiapkan makanan dengan cara yang praktis.

 

Leave a Reply

