Smart Mom

be smart, be wise..

Akhirnya Memang Common Cold (Cerita Tentang Home Treatment) June 20, 2010

Filed under: healthy — smartmom @ 11:25 am
Tags:

Setelah sepanjang hari demam tinggi di hari Senin, suhu tubuh Damai beranjak normal di hari Selasa. Jadi Demamnya berlangsung kurang lebih 28 jam. Saya masih terus observasi. Damai mengeluh sakit tenggorokan dan sakit perut. Menjelang sore, suhunya kembali ke 38,5derajat dan keluhan pusing, sakit perut masih ada.

Kira-kira jam 7 malam, Damai muntah banyak sekali. “Ma, virusnya udah keluar tuh!” ujar Damai setelah muntah. Dia yakin sekali akan segera sembuh.Semantara saya menyiapkan diri (hati) kalau memang harus mengalami gastroenteritis seperti waktu usianya 1,5 tahun. Waktu itu dimulai dengan muntah-muntah disore hari, kemudian demam tinggi dan diare sepanjang 2 hari setelahnya.

Pagi ini, saya lihat hidungnya mulai berair. Yup, common cold!

Jadi, pileknya bisa muncul beberapa waktu setelah demam, atau bisa tidak jadi muncul karena virusnya sudah keburu kalah oleh daya tahan tubuh (seperti demam-demam Damai sebelum ini).

Ada juga banyak anak yang mengalami demam hingga lebih dari 72 jam, tapi akhirnya common cold, setelah pilek atau batuknya muncul kemudian.

Tanda-tanda apa sih yang harus diperhatikan saat observasi demam?
1. Apakah dehidrasi? cek buang air kecilnya,apakah kurang dr 6 kali, bila iya, mengarah pada dehidrasi. tekan kulitnya, apakah bisa kembali semula, bila tidak, ini tanda dehidrasi.
2. Lihat perilaku secara keseluruhan: apakah terjadi penurunan kesadaran. Bila iya… perlu mencari pertolongan medis.
3.Adakah ruam di tubuh? Bila iya, mungkin saja campak atau roseola (yang ini ruamnya muncul setelah demam mereda). Kalau campak/roseola, penyebabnya virus, self limited juga atau bisa sembuh sendiri🙂

Jika demam terjadi lebih dr 72 jam tanpa tanda-tanda mau pilek, batuk atau ruam yang menjadi indikasi campak, bisa mulai menyingkirkan penyebab lainnya dengan tes urin dan darah. Yang ini baru tahu teorinya belum bisa cerita pengalaman sendiri ya…saya belum mengalami. Teman-teman yang sudah mengalami, cerita2 yaaa….!

Naah, karena Damai common cold, maka saya siap dengan home treatment. Apa saja?
1. Biasanya Damai minta minum lebih banyak, makan lebih sehat (ekstra sayur/buah), ini bikin Damai pede kalau bisa segera mengalahkan virus nakal di tubuhnya.
2. Saat tidur, saya pakaikan bantal lebih tinggi, untuk kenyamanannya. Biasanya kalau terlalu rendah, hidungnya mudah mampet.
3. Kalau udara terasa sangat kering, saya menyediakan baskom isi air panas disudut kamar untuk melembabkan udara. Udara yang kering sangat tidak nyaman untuk tenggorokan dan membran hidung. Bila menggunakan AC ada baiknya dimatikan sementara, karena AC membuat udara makin kering.
4. Beberapa teman menggunakan tetes hidung berisi NaCl untuk meringankan hidung mampet.
5. Bila masih ada demam, dan anak sangat rewel atau tidak nyaman, bisa diberikan paracetamol.

Saat common cold,sering diikuti hal berikut:
1. Rewel. Kondisi anak pasti tidak nyaman yah…. kita kalau sedang sakit juga begitu. Ujian sabar nih buat orang tuanya🙂. Bila masih aktif, walau agak rewel, Damai senang diajak beraktivitas dengan buku: bercerita, mencari perbedaan atau mencari pasangan,menggambar dan mewarnai.
2. Muntah. Muntah adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan lendir, jadi muntah tidak perlu dihentikan. Yang diperlukan adalah supplay cairan ekstra untuk menggantikan cairan yang keluar.
3. Feses lembek/cair. Biasanya sebagian lendir tertelan dan pindah ke saluran cerna. Itu sebabnya, feses anak menjadi lembek atau cair. Hal ini sangat wajar.
4. Anak malas/mogok makan. Wajaaaar sekali🙂. Kita kalau sedang sakit juga suka malas makan kan? Kalau saya, tetap menyediakan makanan biasa. Yah, kalau sedang banyak yang ditolak,saya berusaha sajikand engan olahan dan tampilan baru, plus kata-kata: “Makanan ini bisa mengusir virus dari tubuh Damai ”

Common cold bisa berlangsung 3-14 hari. Damai bahkan pernah lebih dari sebulan, karena virusnya pingpong, mulai dari Damai-papanya-Damai lagi-mbah-damai lagi🙂. Jadi, memang mesti panjang sabar dan memastikan nutrisi untuk seluruh keluarga tetap baik,agar semua terjaga daya tahan tubuhnya.
Soal common cold bisa dilihat di sini ya:http://www.mayoclinic.com/health/common-cold/DS00056

titip link ini juga deh😛 http://www.searo.who.int/LinkFiles/List_of_Guidelines_for_Health_Emergency_draft__document.pdf
Kira-kira itu dulu yang bisa diceritakan soal common cold ya. Sehat-sehat semua yaa…

Keep Rational!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s