Smart Mom

be smart, be wise..

Cerita Kegiatan Edukasi Pra Kelahiran KLASI YOP June 20, 2010

Filed under: healthy — smartmom @ 11:29 am
Tags: , , ,

(Cuplikan Cerita Kelas Persiapan dan Pasca Kelahiran KLASI YOP : Tata Laksana Kelahiran, ASI dan Menyusui)

Janin di dalam rahim ibu merupakan anugerah luar biasa dari Yang Maha Kuasa. Tentu ini membawa kebahagiaan sekaligus tanggung jawab baru bagi pasangan orang tuanya. Penting sekali rasanya mempersiapkan datangnya sang buah hati dengan pengetahuan yang memadai.

Menyadari kebutuhan ini, Klub Peduli Air Susu Ibu Yayasan Orang tua Peduli (KLASI YOP)berusaha memberikan informasi mengenai Tata Laksana Kelahiran dan Serba serbi ASI dan menyusui dalam satu paket (dua sesi) kegiatan edukasi. Berbeda dengan sebelumnya, dimana KLASI YOP hanya berisi informasi mengenai ASI dan menyusui, paket edukasi ini akan memberikan informasi yang lebih lengkap bagi para calon orang tua. Tentu saja dengan fasilitator para ibu penggiat ASI, konselor laktasi dan dokter yang sangan concern dengan hal ini. Para peserta berkesempatan memuaskan rasa ingin tahunya, mendapatkan dukungan penuh dan saling mendukung satu sama lain.

Kelas edukasi untuk sesi pertama telah berlangsung pada hari minggu 13 Juni 2010 yang lalu. Berikut ini adalah cuplikan cerita mengenai kelas tersebut.

(Diambil dari milis Sehat–thanks to Ria Ayu)

Dear SP’s and Docs,

Ada sedikit cerita dari kami, tentang kelas Persiapan Kelahiran dan Menyusui yang diadakan hari Minggu lalu tanggal 13 Juni. Kelas ini mencoba menjawab kebutuhan calon orangtua tentang apa sih sebenernya yang akan orangtua hadapi ketika hadir seorang (atau lebih) bayi dalam kehidupan mereka. Tentu saja awal yang baik akan sulit dicapai tanpa persiapan yang memadai sejak sebelum bayi terlahir ke dunia. That’s why… Klub Peduli ASI YOP mencoba merancang suatu paket edukasi gabungan antara ASI dengan pengetahuan tatalaksana kehamilan dan kelahiran. Dan ternyata memang materi tersebut saling bersinergi. Keberhasilan ASI eksklusif (dan seterusnya) akan lebih mudah dicapai dengan kondisi ibu dan bayi yang sehat, ayah yang turut berperan aktif serta lingkungan yang suportif.

Masalahnya definisi sehat ini yang berbeda-beda untuk setiap orangtua (atau calon orangtua). Ada yang bilang ‘sehat’ ibunya itu kalo banyak minum susu khusus kehamilan atau tambahan suplemen yg banyak dan harus USG setiap bulan. Lalu dari sisi ‘sehat’ anaknya, nanti kalo ibu sakit demam/flu ga boleh menyusui dulu, bayi kuning sudah pasti harus disinar, klo melahirkan caesar, proses IMD ga memungkinkan…dsb, dsb. Harus diakui paradigma lama ini masih alot banget (bahkan buat saya hehe…). Tapi bisa dirasakan, ’sehat’ yang model begini ga pas nih. Jadi selamat buat para peserta yang minggu lalu bisa duduk manis di Markas Sehat dan menghanyutkan diri dengan materi demi materi yang disampaikan.

Mungkin banyak keraguan mulai terkikis dengan berbagai info seputar ASI. Yang tadinya sangsi bahwa ASI eksklusif itu ya bener-bener hanya ASI saja, tanpa tambahan cairan apapun…boleh jadi lebih paham mengapa ”sampai sebegitunya”. Lalu apa bener puting lecet itu bisa dicegah? Ooo ternyata dengan teknik perlekatan yang benar. Kemudian apa sih sebenarnya yang bisa membuat ASI itu banyak diproduksi? Nah, bahkan pertanyaannya aja masih missed ya. Yang penting kan ASI itu cukup ya untuk bayi saya J.

Sementara itu, opsi antara kelahiran normal dan caesar cukup menyita perhatian ketika materi dipaparkan. Di luar sana, kekurangan informasi memang bisa membuat calon orangtua sulit mengambil kesulitan untuk menjalani kelahiran dengan cara normal. Tapi intinya memang sederhana saja. Caesar itu dilakukan dengan prinsip/kriteria menyelamatkan jiwa (lifesaving). Sehingga yang perPentingnya Edukasi Pra Kelahiran (Cuplikan Cerita Kelas Persiapan Kelahiran KLASI YOP : Tata Laksana Kelahiran,lu dilakukan adalah menimbang-nimbang dengan cermat, apakah kondisi yang dihadapi memenuhi kriteria tersebut. Begitu pula dengan pilihan ASI atau susu formula. Jika susu formula ternyata memenuhi prinsip lifesaving, mengapa harus dianggap negatif?..

Oke dehh…cerita ini masih bersambung tentunya, karena masih ada sesi 2 di bulan depan, dengan tema: Masalah-masalah Menyusui dan Pasca Kehamilan. Ini baru persiapan yg maksimal. Masalah? Siapa takut…pegang dulu donk payungnya sebelum hujan ^_^.

Salam,
Ria

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s