Smart Mom

be smart, be wise..

Nugget Ayam Havermut July 14, 2010

Filed under: feeding,healthy,resep — smartmom @ 4:25 pm
Tags:

Resep ini saya tulis penuh, tapi saya praktekkan setengah jadi. Maksudnya, saya nggak sampai menggoreng nuggetnya karena kemarin kan udah makan ayam goreng havermut, jd hari ini nggak goreng-goreng lagi deh. Minyak goreng 1 liter targetnya tetep bisa lebih dr sebulan br habis. Diusahakaan, hehehe..mudah2an berhasil.

Bahan:
200 gr daging ayam giling
50 gr havermut, diblender halus
1/4 bagian bawang bombay ukuran sedang, potong kecil dan halus
1 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1/2 sdt merica bubuk
25 gr keju parut ( bisa ditambahkan bila ingin terasa lebih ngeju dan mau skip garam)
W
1/2 sdt garam

Bahan lapisan:
100 gr havermut
Minyak untuk menggoreng

Bahan poencelup:
1 butir telur
1 sendok makan tepung terigu
50 ml air es
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Aduk bahan nugget sampai rata
2. Tuang di loyang 20x10x4 cm yang sudah dioles minyak
3. Kukus 20 menit sampai matang. Potong dengan cookie cutter bentuk favorit anak atau potong apapun sesuai selera, hehe…
—bagian berikutnya gak saya lakukan ya… Saya hanya memanggang nugget di atas di wajan teflon sebentar.
4. Celup ke bahan pencelup, gulingkan di havermut
5. Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan.
6. Sajikan dengan sayuran rebus/kukus. Enaak deh🙂

Resep ini terinspirasi dr buklet bonus SAJI: Pilihan Bekal Sekolah. Resep aslinya tidak pakai havermut dan menggunakan 2 sdm susu bubuk. Saya nggak pakai karena tidak punya. Hasilnya enak, bisa disimpan dan dipotong2 seperti memperlakukan bakso, teksturnya seperti bakso soalnya. Selain untuk lauk, saya pakai untuk campuran bikin bihun hari ini.

Selamat mencoba!

 

2 Responses to “Nugget Ayam Havermut”

  1. rio Says:

    wah kykna enak nih..
    saya juga g bisa dapet semua bahannya yang dari buku itu..🙂

  2. smartmom Says:

    Met nyoba ya… Sesuaikan dengan selera🙂


Leave a Reply

