Smart Mom

be smart, be wise..

Memanfaatkan Pinggiran Roti August 17, 2010

Filed under: Refleksi — smartmom @ 9:18 am

Baru saja seorang teman baik saya bertanya, “Pinggiran roti bisa diapakan ya?”

Kadang kita menyisakan bagian pinggir roti dan tak tahu mau diapakan selain dimakan begitu saja. Saya biasanya menyisakan bagian pinggir roti karena membawakan bekal anak saya sandwich atau roti isi yang saya potong berbentuk dengan pemotong kukis. Jadilah tersisa bagian poinggirnya. Saya memanfaatkannya sebagai berikut:
1. Stok camilan:
Aduk mentega (bisa asin atau tudak sesuai selera), gula halus(bila suka), lalu oleskan tipis di permukaan sisa roti tadi. Jejerkan di loyang dan panggang dengan api kecil. Bila dibuat sampai kering bisa dimasukkan dalam toples saat sudah dingin, lalu tutup rapat.

Bila tak ada oven, kita bisa gunakan wajan anti lengket, namun biasanya tidak bisa kering merata. Lumayan untuk camilan seharian.

2. Untuk puding roti
Silakan cari di resep sebelumnya dan sesuaikan saja ukurannya

3. Untuk campuran omelet. Jadi, omelet isi sayuran dan roti bisa menjadi makanan satu olahan yang lengkap gizi.

4. Dipanggang kering, dihancurkan, disimpan untuk jadi tepung pelapis makanan yg digoreng (tepung panir)

Kira- kira itu ide saya. Anda punya ide lain? Silakan berbagi di sini ya🙂

 

Leave a Reply

