Smart Mom

be smart, be wise..

Fettucine Kuah Daging Sapi September 12, 2010

Filed under: feeding,resep — smartmom @ 6:08 pm

Setelah dua hari kemarin menyantap makanan lebaran (ketupat dan kawan-kawannya), hari ini mulai harus masak makanan dengan bahan makanan yang terisa. Cek lemari es, saya punya wortel, daging sapi untuk oseng-oseng, bakso dan satu kotak fettucine. Cek bumbu, saya masih punya bombay. Keju ada. Oke, saya putuskan mengolah fettucine ini ketimbang masak nasi yang akan memakan waktu lebih lama dan membutuhkan sayur dan lauk (pasti jadi lebih repot). Beginilah hasilnya

Bahan:

100 gr fettucine

50 gr daging sapi (potong kecil atau bisa pakai daging cincang)

bakso (yang ini kebetulan punya, jarang sekali saya menyediakan daging olahan di rumah)

1 buah wortel besar,  belah 4 memanjang lalu iris

bumbu:

1 buah bawang bombay besar, potong/cincang kecil

1/2 sdt merica hitam bubuk

100 gr keju, parut

2 sdm mentega untuk menumis

1 gelas air/susu cair tawar  (saya kehabisan stok susu, jadi hanya pakai air, tetap lezat )

Cara membuat:

1. Rebus fettucine hingga matang, sisihkan

2. Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan daging sapi, wortel, bakso,Tambahkan segelas air dan  masak hingga matang.

3. Tambahkan keju dan merica. Aduk hingga mendidih

4. Masukkan fettucine, aduk rata. Sajikan hangat

Saya tidak menambahkan garam lagi karena jumlah keju sudah cukup banyak. Asin dari keju membuat masakan ini super gurih.

Selamat mencoba, dijamin yang makan pasti ketagihan.

 

Leave a Reply

