Smart Mom

be smart, be wise..

Cara Kami Mengurangi Konsumsi Garam September 17, 2010

Filed under: feeding,healthy — smartmom @ 3:09 pm
Tags:

Saya salin tulisan berikut dari postingan saya di milis sehat. Mohon maaf, saya belum sempat mengedit menjadi lebih enak dibaca. Mudah-mudahan tetap bisa dipahami.

—-
Ini sebagian cara saya mengurangi konsumsi garam di rumah:
(Untuk gula, saya tidak pernah masak pakai gula, saya pakai jagung manis, tomat atau wortel untuk memberi rasa manis alami.)

1. Sedia sambel :)… Kalau kata suami saya, ini tipuan kecil yg nikmat. Lebih banyak makan sayur rebus yang dicocol ke sambel. Sambel bisa beberapa macam: sambel pecel (saya buat dgn kacang panggang jd tanpa minyak sama sekali, awet di kulkas— kapan2 pengen sharing jg soal menghemat/meminimalisir minyak goreng), sambel bawang merah, sy bikin banyak, simpan di kulkas. Kalau makan yg tawar ga pedes tinggal tambahin. Penting buat sy yg doyan pedes sementara anak br suka pedes dikit2.
Oiya, bekal suami sy tiap hari hampir selalu ini… Sempat berbulan2 ga bw bekal, bobot naik bnyk bgt, sekarang kembali ke program makan sehat.

2. Kalau masak pakai kecap, biasanya sy nggak tambah garam lg. Sodium di kecap udah banyak dan udah cukup enak

3. Kalau numis pakai margarin, ga pakai grm lg.

4. Kalau pas jajan/masak model gado2/somai/pecel dll, minta bumbu dipisah dan makannya dicocol aja

5. Saya sering masak pasta dgn keju, sy nggak tambahkan garam lg.

6. Salah satu tipuan nikmat jg adalah telur. Kalau buat sy, masak pakai telur bikin masakan jd gurih: nasi goreng, mie goreng, pakai telur tanpa garam jg enak. Kalau masak telur, better direbus, enak atau kalau didadar, ceplok, tanpa garam jg.

Itu sebagian cara saya meminimlisir garam, karena kalau sesekali makan di rmh ortu, dapat hantaran atau makan bersama di luar (ini msh kadang msh bisa kompromi dgn pilih menu), kita kan makan yg bergaram standar umum jg. Lumayan, sy beli garam yg 250 gr sudah 3 bln lebih msh setengahnya nih, karena jarang masak bener.. Banyak makan lalap/pecel cocol.

Itu sedikit utak atik menu di rumah yg nggak no gulgar tiap hr, tp diusahakan seminim mungkin.

Pasti temen2 punya trik dan tip yg disesuaikan dgn keluarganya. Angkat topi untuk yg bisa konsisten sekeluarga dgn pola sehat.
Mungkin susah buat yg kebiasa makan ketring kantor spt sy dulu… Tp tetep sangat berharga untuk diperjuangkan lho…

 

5 Responses to “Cara Kami Mengurangi Konsumsi Garam”

  1. Mba..sambel bawang merah itu kayak apa?

  2. smartmom Says:

    Bawang merah dan cabe digoreng sampe layu trus diulek sama garam, bisa disimpen di kulkas, dan selain unt sambal aku pake untuk nambahin pedes di masakan setelah disisihin untuk Damai.

  3. Makasih ya mba…xixii kalau Nei malah sengaja aku ga sisihkan dulu..kl makan agak pedes malah bisa cepet makannya,kl ga pedes..seabad lamanya…makasih ya mba..

  4. Mba…sambelnya kok bisa enak gini ya..pdhl cuma cabe merah dan bawang merah. Ayahnya Nei bilang ada manis2nya.Biasanya kl aku bikin sambel bawang merah,ga digoreng..mentah dan pk terasi plus gulgar dikit. Emang beda ya cita rasanya dengan digoreng.

  5. smartmom Says:

    Bawang merah tuh emang punya efek memaniskan nakana🙂 met makaan🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s