Smart Mom

be smart, be wise..

Ayam Masak Jahe September 20, 2010

Filed under: feeding,resep — smartmom @ 5:29 am

Tadi pagi tukang ayam langganan sudah lewat, saya langsung beli seekor dan minta dipotong banyak, sekitar 20 potong. Saya sudah kangen masak menu favorit keluarga kecil saya: ayam masak jahe. Sederhana, praktis tapi enak dan cocok untuk saya yang suka ayam goreng tapi tidak mau menambah penggunaan minyak. Kenapa? Karena ayam saya buat asat/kering dan nantinya minyak yg keluar dr ayam itu sendiri yg akan mengeringkan ayam, jd seperti digoreng tapi empuk. Kebetulan saya tidak suka ayam goreng yang kering dan keras.

Bahan:
1 ekor ayam negeri, potong sesuai selera
2 siung bawang putih besar
3 siung bawang merah besar
4-5 ruas jari jahe
1/2 sdt garam (silakan ditambahkan bila perlu)

Cara membuat:
1. Tumbuk/ulek kasar bawang putih, bawang merah, garam dan jahe
2. Balurkan di seluruh permukaan potongan ayam sampai tercampur rata. Saya langsung mencampurnya di wajan anti lengket.
3. Tutup wajan, masak dengan api kecil hingga matang. Aduk sesekali. Bila tak menginginkan bagian yang kecoklatan, matikan api sebelum kering.

Saya senang menambahkan potongan tahu, tempe atau kentang, tentu saja dengan tambahan air dan garam seperlunya. Tahu, tempe dan kentang menjadi gurih rasanya.

Setelah matang, saya bagi menjadi beberapa bagian, lalu selain yg akan disantap, simpan di kulkas. Selanjutnya bisa langsung jadi lauk, atau untuk campuran nasi/mie/bihun goreng atau tumisan, dan olahan makanan lain. Karena ayam sudah matang, kita bisa menambahkannya kapan saja sesuka hati saat membuat masakan lain.

Selamat mencoba.

 

4 Responses to “Ayam Masak Jahe”

  1. Inta Says:

    Asiiik, gampang ternyata buatnya….tfs yaah sil

  2. besok pagi mau aku coba….

  3. dah aku coba…oke banget rasanya..cuma aku aduknya terlalu kuat..jd agak hancur2 gitu ayam dan tahunya. Ntar foto hasil jadinya menyusul ya..

  4. smartmom Says:

    Ancur jd gampang makannya hehehe… Simpel kan? Ayamku blum jd dinmasak tuh, msh di kulkas, keburu brangkat klasi hr ini🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s