Smart Mom

be smart, be wise..

Sentiling October 20, 2010

Filed under: resep — smartmom @ 10:58 am
Tags:

Saya mendapat kepercayaan untuk membuat penganan berbahan dasar singkong untuk acara Hari Pangan Sedunia di sekolah Damai. Setelah minta saran dari teman-teman di facebook dan browsing sana sini, saya memutuskan membuat singkong kukus yg dinamakan sentiling (saya belums empat cari tahu asal muasal nama sentiling ini). Special thanks to Lila atas idenya.

Makanan berbentuk bola kecil ang saya tusuk menjadi seperti sate ini jadi rebutan dan idola teman-teman Damai. Bahkan ada yang mauny a langsung ambil tiga. Saya memutuskan tidak menggunaan pewarna makanan dan hanya menggunakan warna hijau dari daun suji. Hasilnya mungkin kurang cantik, tapi bentuk sate tetap menarik untuk anak-anak.

bahan:

2 kg singkong parut

300 gr gula pasir

1 sdt garam

50 ml air daun suji ( sy mendapatkannya dengan meremas2 daun suji dan sedikit air, lalu disaring)

kelapa parut dan sedikit garam, dikukus, untuk taburan

 

cara membuat:

1. campur singkong, gula dan garam

2. bulatkan kecil-kecil sebesar kelereng, taruh di loyang lalu kukus

3. setelah matang, tusuk dengan tusuk sate, masing-masing 4-5 butir, taburi kelapa parut.

 

 

taburan ini bisa divariasi: keju, coklat dan lain-lain

 

selamat mencoba

 

6 Responses to “Sentiling”

  1. Akhirnya posting juga mba..aku dah coba bikin tp di campuran singkong aku kasi kelapa parut sedikit. Ga tau deh apa namanya masih sentiling atau engga..

  2. smartmom Says:

    Aah, ga peduli namanya hehehe. Kalo pake kelapa jd kayak timnus yah, cuma timus pake gula merah dan bungkus daun. Hidup singkong!

  3. yohanna Says:

    Mba Sil,ngukusnya kira2 brp lama ya? Kl ngga pake jam sering pikun nih,kl lg taro sesuatu d atas kompor hehehe

  4. smartmom Says:

    Kira2 15 menit deh🙂 tes aja satu, kalo dha mateng sampe dlm, baru deh angkat semua. Amatiran bgt yak, hahahha

  5. kalau aku taunya yg bungkus daun dan pk gula merah itu namanya “Lemet”. Beda daerah beda nama..jaman aku kecil dulu makannya..masih di pontianak.

  6. smartmom Says:

    Iya, di kampung bpk, ibu dan suami namanya lemet jg. Kalo di jakarta timus/ketimus🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s