Smart Mom

be smart, be wise..

Bubur Tinutuan November 12, 2010

Filed under: Refleksi — smartmom @ 9:20 am

AKA bubur Manado. Tapi tentunya ini versi saya yah…

Tadi pagi, eh, tepatnya semalam, suami bilang, tiba2 pingin makan bubur Manado (untung bukan bibir :p). Dan sore ini, sepanci bubur sudah menunggu di rumah🙂

Bubur ini gampang, citarasanya lezat dan isinya penuh serat. Apalagi saya menggunakan beras merah.

Bahan:
1 gelas beras
8-10 gelas air
2 buah jagung manis, serut/seset
Sepotong daging ayam mentah, cincang (penyedap aja, kalau nggak ada nggak terlalu pengaruh kok)
1 buah ubi merah besar, potong dadu (ini saya pakai untuk menggantikan labu kuning, eh, karena memang suka rasanya, biasanya baik labu maupunn ubi saya pakai, tambah singkong kalau ada)
1 ikat bayam, ambil daunnya
Kemangi beberapa tangkai
1 sdt garam, sesuai selera aja,
1/2 sdt merica bubuk
100 gr ikan teri kecil2, goreng kering, masukkan toples
Sambal terasi: cabai mentah, terasi bakar/goreng, diulek trus kasih air jeruk limau.

Cara masak:
1. Rebus beras sampai lunak, masukkan ayam cincang, masak sampai empuk
2. Masukkan jagung manis, aduk sesekali
3. Saat masih setengah bubur, masukkan ubi, garam, merican aduk terus agar tidak berkerak.
4. Saat sudah matang semua, tambahkan bayam dan kemangi, aduk rata sampai daun matang.
5. Sajikan dengan taburan teri dan sambal terasi.

Selamat mencoba!

 

2 Responses to “Bubur Tinutuan”

  1. salah satu bubur favorit..dan hari ini nyoba yang ala mba sisil.Resep yg biasa aku bikin lebih ribet bahannya baik bahan bubur maupun sambelnya.
    Berhubung td di warung ga nemu labu kuning dan adanya cuma ubi yg putih..jd aku tambahin wortel supaya warnanya cerah. Tp tetap..ubi aku banyakkin porsinya..paling suka rasanya..manis.
    Trus krn di kulkas masih ada kacang merah..itu juga aku masukkin. Di sambel juga kasi teri goreng sedikit utk asinnya sambel..abis itu teri dah dicuci masih ada asin luar biasa.
    Oh ya mba sisil..aku diajarin masak beras merah dunkss…atau ada postingan mba sisil di blog ini ttg cara masak beras merah?Aku ubek2 dulu akh..
    Aku tuch ga pandai milih beras merah yg bagus..dulu waktu Nei MPASI sempet coba beras merah, eh pas cuci itu beras..ya ampun warna airnya merahh bgt cenderung pink..untung cuma beli beras 1 liter..aku buang aja. Jadi kl beli skrg di karfur..yg merek Merbabu..kemasan 250 gram (kl ga salah)..dihitung2 mahal juga. Belakangan ini mulai coba masak lg, tp masih aku campur beras putih 3 gelas beras putih + 1 gelas beras merah…dah 2 x masak..gatot (gagal total). Pertama masih keras (air 5 gelas) kedua malah jd bubur (beras merah aku rendam 12 jam + masak dgn air 7 gelas), ajarin aku cara masaknya ya mba…

  2. smartmom Says:

    Beras merah byg pernah aku masak ada 3 macem: yg utuh, cuma kupas kulit, ini plg oke, tp krn terlalu mahal dan damai jd lama makannya, nggg… Alesan utamanya bmahal suiy, hehehe aku downgrade ke yg kek kamu beli di c4, udah disosoh, tp sekali, jd cuma bekatulnya yg ilang. Nah, msh kerasa mahal aku downgrade lg ker beras yg udah disosoh 2 kali, jd kuakitasnya plg jelek heheh, berasnya jdnya warna pink, tp kalau dicuci, airnya putih kusem kayakj cuci beras biasa. Harganya make sense buatku. Damai makannya banyak soale hehehe… Masaknya kek beras putih kalo yg ini, tambah dikit air aja, jd kira2 1:2 kalau yg pertama kudu 1:5 airnya br pas, yg kedua 1:4. Aku br mau beli ricecooker lg nih, masak pake dandang ga kekejar pagi2 krn hrs ngantri kompor. Kasian suami jd suka ga sempet nunggu bekel mateng.

    Kalau dicampur malah rada ribet krn karakter berasnya beda. Coba beli di pasar yg sosohan trus kalau mau dicampur sama yg tipe 1 ato 2 menurut pembagianku di atas🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s