Smart Mom

be smart, be wise..

Yuk, Membuat Bekal Sekolah! November 21, 2010

Filed under: Refleksi — smartmom @ 12:45 pm

Dari damai masih mpasi saya udah ngebayangin bikinin bekal sekolahnya tiap hari. Nah, sekarang udah sekolah nih, jd kesampean deh tuh ya angan2anya. Ternyata menyenangkan dan aku sangat menikmatinya. Bikin yang praktis dan nggak nyusahin, sadar diri, hehehe….

Aku share beberapa hal soal bekal sekolah Damai di bawah ini ya… (Seperti aku posting di twitter @sisilmahadaya #bekalsekolah)
Maaf kalau masih ada singkatannya ya

1. Untuk menentukan model/isi #bekal sekolah, saya lihat jadwal sekolah anak, jadi bisa ditentuin kira2 butuh bekal berat atau sejenis snack.
Damai sekolah dari jam 7-9.45, di rmh sarapan, pulsek pasti minta makan. Jam makan sekolah 9.30, jd nggak perlu terlalu berat kecuali dirikues.

2. Saya ajak Damai menentukan #bekalsekolah . Kalau dia nggak bisa sebut, bantu dengan beberapa pilihan, jangan lupa cek ketersediaan bahan sebelum menawarkan. Jangan sampai sudah menawarkan dan anak sepakat, kita tidak bisa buatkan karena tak ada bahan.

3. #bekalsekolah yang saya bawakan tak terlalu banyak, asal cukup aja, supaya bisa dihabiskan (walau say tidak pernah mewajibkan) & anak merasa bangga.
Sy biasanya pesan u/ selalu manawarkan #bekalsekolah pada teman&guru, walau semua anak bawa makanan, tapi kalau pas bw snack temannya suka mau nyoba.

4. Sedapat mungkin dalam #bekalsekolah ada karbohidrat, protein, serat dan vitamin. Saya senang membuat menu satu olahan krn praktis.

Karbo:kentang, oat, mie, bihun, pasta, nasi, roti, bisa divariasi dengan berbagai jenis protein dan sayur. Buat selang seling untuk #bekalsekolah

5. Saya senang membuat #bekalsekolah yg berwarna, menarik dipandang, jd pilih kombinasi bahan yang warnanya berbeda.

6. Cetakan agar, cookie cutter bisa dimanfaatkan untuk membuat bentuk #bekalsekolah jadi menarik

#bekalsekolah roti tawar biasa, bisa spesial bila dibentuk dengan cookie cutter bentuk favorit anak. Banyak lho bentuk2 binatang lucu

7. Jangan ragu membuat jadwal mingguan #bekalsekolah bersama anak, kalau perlu belanja bersama bahan2nya di akhir pekan

8. Untuk #bekalsekolah yg bisa dibuat di hari sebelumnya, bisa dibuat bersama-sama anak

Saya biasa mengucapkan terima kasih pada Damai setiap dia makan masakan saya, dia pun memeluk & bilang, “Trima kasih mama, udah masakin Damai”

Kadang makanannya nggak habis, karena waktu makan pendek, atau pernah juga Damai bilang nggak suka maaf karena tidak menghabiskan. Kalau karena waktu yang tak cukup, di rumah, sy ajak makan lg bekalnya, setelah jeda

Oiya… Bentuk mata hidung, mulut tersenyum di bekal, selalu sukses bikin Damai menghabiskan, juga bentuk hati. Saya bilang, ini cinta dr mama

Kayaknya itu yang saya lakukan sama #bekalsekolah . Nanti kalo ada yg kelewat nyusul ya.

 

One Response to “Yuk, Membuat Bekal Sekolah!”

  1. ime Says:

    siipp, seorang mama dituntut untuk kreatif


Leave a Reply

