Smart Mom

be smart, be wise..

Spagetti Goreng Sayuran December 2, 2010

Filed under: resep — smartmom @ 2:43 am

Resep yang sangat sederhana ini, sebenarnya sering saya buat. Bedanya kali ini saya meniru cara pak Wiliam Wongso waktu membuat Mie Goreng Daging Sapi di acara demo masak peluncuran Kecap Black Gold. Waktu itu saya mencicipi rasa mie goreng sederhana, yang dibuat sangat cepat dengan hasil akhir yang enak sekali. Kata Pak Wiliam, penggunaan minyak bawang (resep minyak bawang ala pak Wiliam Wongso d saya tulis di bawah yaa…) dan kecap yang pas, kuncinya.

Oiya, karena sepulang dari sana saya dioleh-olehi kecap Black Gold, maka, untuk resep spagetti goreng ini saya mencoba menggunakannya sebagai perasa manis dan asinnya. Jadi, saya tidak lagi menggunakan garam, sama seperti resep-resep saya lainnya.

Ini dia resepnya
Bahan:
25 gr spagetti, rebus, campur dengan sedikit minyak agar tidak lengket, sisihkan
50 gr daging sapi, potong-potong kecil. Bila diinginkan, bisa rendam sebentar dengan air garam
1 butir telur
1 buah wortel kecil, potong korek api
Segenggam daun bayam
1 buah bawang merah besar, iris
1 sdm daun bawang iris panjang
1 sdm bombay iris panjang
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak bawang
1/2 sdm margarin
1 sdm kecap Black Gold

Cara memasak:
1. Panaskan margarin, tumis bawang merah hingga layu.
2. Masukkan sebagian daun bawang, sebagian bombay, tumis sampai layu
3. Masukkan daging, adukiaduk sampai berubah warna.
4. Masukkan wortel, aduk sampai matang.
5. Masukkan spagetti, aduk sampai tercampur rata.
6, Masukkan bayam, sisa bombay dan daun bawang, aduk
7. Tambahkan merica,minyak bawang putih, aduk
8. Masukkan telur, aduk cepat
9. Tambahkan kecap, aduk rata lalu angkat. Siap disajikan

Pesan pak Wiliam, kalau masak menggunakan kecap, usahakan kecap masuk belakangan, untuk menghindari masakan gosong atau mengerak hitam di bagian bawah.

Spagetti goreng ini langsung habis disantap bidadari suka makan di rumah🙂 Enak katanya… padahal saya masak nggak  pakai garam lho… asin manisnya cuma dari kecap Black Gold yang buat lidah kami sekeluarga sudah pas.

Kalau suka asin, silakan tambahkan garam sesuai selera ya. Resep-resep saya, terutama yang menggunakan kecap dan margarin biasanya tidak lagi saya tambahkan garam. Dan kecap oleh-oleh ini rasanya pas, meresap. Oiya, sebenarnya saya sudah pakai juga untuk masak daging kemarin-kemarin, cuma tidak sempat saya posting, dan postingan-postingan ke depan pasti kecapnya pakai Black Gold🙂 Iyalah… saya dioleh-olehi kemasan besar lho… thx to Black Gold!

Resep Minyak Bawang

bahan: bawang putih  potong kecil kecil/cincang dan minyak goreng

cara membuat: panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang putih hingga kuning, matikan api dan biarkan dingin lalu siampan di wadah tertutup. minyak bawang ini bisa dipakai untuk bumbu masakan.

Saya sungguh beruntung berkesempatan datang ke acara peluncuran kecap Block Gold, kecap yang lebih meresap kaya rasa ini, karena saya banyak dapat tip dan trik masak dari ahlinya. Saya bisa melihat dari dekar chef William Wongso dan Chef Edwin Lau yang selama ini cuma saya lihat di televisi *edisi norak*… dan melihat mereka masak rasanya gampang, mudah dan cepat. Saya jadi tidak punya alasan untuk malas masak🙂 Oiya, masih ada chef-chef lain, cuma saya tak berkesempatan memperhatikan semua karena terhalang oleh banyak ibu yang semuanya semangat dan antusias memperhatikan para chef memasak, sekaligus rebutan makanan hehehe..

Kecap manis ini bakal bikin blog contest  dengan tema “Cooking Experience With ABC Black Gold”. Hadiahnya  voucher makan senilai Rp.500.000,- . Dan untuk pengunjung yangmeninggalkan testimonial di websitenya Blackgold di sini punya kesempatan untuk memenangkan Blackberry Onyx yang diundi 2 minggu sekali. So, yuuk berpartisipasi!

_

 

Leave a Reply

