Smart Mom

be smart, be wise..

Membiarkan Bayi Makan Sendiri? seru lho! December 25, 2010

Filed under: Refleksi — smartmom @ 12:33 am

Makin ke sini, makin jadi trend lho, ibu2 kasih makanan buatan rumah dan menghindari makanan instan, seneng rasanya. Walau dari beberapa sharing ada yg bikin gatel, seperti: “dokter saya lebih menganjurkan makan makanan instan karena nutrisinya lebih jelas” atau “daripada anak saya makan makanan baby sitter, saya pilih makanan instan impor” . Hehe.. Yah, itulah pilihan. Tp saya yakin kita semua di sini sepakat yah.. Kasih makanan buatan rumah.

Nah, belakangan banyak yang heran kalau disarankan anak makan sendiri saat lagi malas nakan atau GTM. “Ha? Ntar berantakan dong…” Atau “Banyakan yang kebuang sama yg kemakan” atau “kotor semua nanti sampe kepala” atau “Kalau keselek gimana”

Reaksi yang wajar, apalagi kalau saran makan sendiri diberikan untuk bayi. Nggak kebayang yah, bayi makan sendiri… Tp bener seperti banyak SP dan bunda sering bilang, membiarkan anak makan sendiri bs jadi salah satu solusi GTM karena anak merasa fun, bisa comot/pilih makanan sesuai selera. Saat makan, anak eksplorasi, menyentuh piring, sendok, makanan dan memasukkan ke mulutnya sesuai selera.
Selain fun, otak anak menyerap berbagai informasi lewat sentuhan tangannya dan memorinya juga merekam bahwa momen makan itu indah.

Saya coba bahas ekpresi teman2 pada umumnya ya (yg merasa aneh bayi dibirkan makan sendiri):

-berantakan
Ini bagian dari belajar kok. Seiring waktu anak akan lebih rapi. Yah, sabar aja… Kalau koordinasi sdh bagus, sdh bs berkomunikasi dgn baik, akan makan dengan rapi juga. Anak saya waktu 2 tahun sdh mulai rapi. Yah sampai sekarang, 4,5 th kadang berantakan jg, tp sudah bisa membersihkan sendiri setelah makan.

-banyak makanan terbuang
Bisa kok disiasati. Berikan porsi lebih banyak, jd yg masuk tetep cukup. Proses belajarnya jauh lebih penting menurut saya
Kalau saya sediakan 2 mangkuk, atau minimal 2 sendok. Anak pegang sendok, kita pegang juga. Jadi kita menyuapi seperti biasa.

-kotor sampai kepala dan seluruh tubuh
Seru kan? Hehe… Nggak apa, tinggal dicuci kok. Kalau belum beli, bisa pilih kursi makan yang bahannya mudah dibersihkan. Kalau sudah punya, bisa saja disiasati dengan dilapisi alas. Habis makan trus langsung mandi, kalau besar sedikit bisa diajak bersihkan kursi sekalian. Fun pasti untuk anak.

-Kalau keselek gimana?
Kan nggak dibiarkan makan sendiri🙂 tentu di bawah pengawasan. Kalau anak pegang sendok, tangan kita pegang lembut tangannya. Saat tangannya masuk ke mulut, kita bantu dengan sedikit menahan agar tidak masuk terlalu dalam.

Jadi, mulai kapan anak dibiarkan pegang sendok sendiri? Bervariasi jawabannya. Ada yg sejak awal mpasi, ada yang menjadikan ini trik simpanan. Tunggu anak mulai tidak betah makan, baru berikan sendok. Ibu bisa menentukan sendiri kapan waktu yang pas, yang penting di bawah pengawasan. Seingat saya, dulu anak saya mulai pegang sendok saat usia 7 bulan.

Jadi, nggak ragu lagi ya, membiarkan bayi pegang sendok sendiri saat makan?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s