Smart Mom

be smart, be wise..

Ngobrol Saat Makan, Asyik deh! May 20, 2011

Filed under: feeding,keluarga — smartmom @ 7:42 am

Pernah dilarang bicara saat anda sedang makan? Mungkin banyak yang mengalami. Silakan berbagi di sini, apakah benar-benar harus diam selama makan atau bagaimana?

Saya sendiri tidak ingat persis bagaimana kebiasaan makan saya dulu. Yang saya ingat adalah, makan harus dihabiskan dan tidak boleh bunyi keclap-keclap (suara mulut saat mengunyah).

Yang saya tahu sekarang ini, ternyata, saat makan adalah waktu yang sangat hangat untuk saling berkomunikasi antar anggota keluarga, jadi tentu sayang sekali kalau saat makan bersama diisi dengan diam seribu bahasa. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari pembiacaraan saat makan, terutama yang mau saya bagi di sini adalah pada balita/anak.

Di rumah kami, tidak setiap hari bisa makan lengkap bertiga (saya, suami dan anak), paling sering adalah saya dan anak saya, namun pola komunikasi tetap sama, dan kami senang bisa saling bicara saat sedang makan.

Saat-saat makan bertiga biasanya terjadi saat sarapan pagi, makan malam bila suami pulang sore, atau saat suami libur kerja. Obrolan yang paling sering adalah seputar anak kami, Damai. Kami banyak memberikan kesempatan kepadanya untuk bercerita tentang sekolahnya. Tentu saja, kami mensyaratkan mulutnya telah kosong saat bercerita, dan jeda antar suapan tidak terlalu panjang. Awalnya masih sering kebablasan, bicara dengan mulut penuh, tapi lama-lama terbiasa. Kami hanya bicara saat mulut telah kosong. jadi, kami memanfaatkan jeda diantara suapan. Saat makan pun menjadi saat yang menyenangkan.

Saya dan suami kadang membahas makanan yang kami makan, mengenai kandungan gizinya, pemrosesannya dan lain-lain. Hal ini ternyata menjadi pengetahuan baru yang sangat berguna bagiDamai. Misalnya saat kami makan daging dan Damai menolak, kami bercerita tentang banyak anak yang kekurangan zat besi. Ternyata, di lain waktu, Damai mau memakan daging menjadi menu di rumah,  dan dia pun dengan semangat bisa cerita soal zat besi. Atau kami bicara soal bagaimana proses kerja pencernaan, apa yang terjadi saat kita makan, ternyata membuat Damai tidak berani menolak makan, karena dia tahu, lambungnya perlu diisi, dan masih banyak hal lain yang menjadi bahan cerita. Tidak selalu soal makanan, tetapi soal pertemanan, soal keagamaan, permainan dan lain-lain.

Obrolan saat makan memang menjadi salah satu cara membuat suasana makan le bih enak. Dan suasana menyenangkan ini akan membuat setiap anggota keluarga menikmati makanannya. Bayangkan kalau saat makan semua terburu-buru dan tidak sempat saling bicara dengan hangat.

Mudah-mudahan anda masih bisa meluangkan waktu makan bersama keluarga dan menikmati pembicaraan yang hangat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s