Smart Mom

be smart, be wise..

Makan Nasi, Haruskah? May 21, 2011

Filed under: feeding,Refleksi — smartmom @ 10:53 am
Tags: ,

Pernahkah ibu khawatir karena buah hati tak mau makan nasi? Seperti biasa, silakan berbagi di sini ya…

Saya bisa membayangkan kekhawatiran ibu, bila makanan yang disajikan untuk anak, tak  disentuh sama sekali,  atau hanya dimakan lauk atau sayurnya. Bagi ibu, nasi penting karena menjadi sumber energi untuk beraktivitas, dan ibu menjadi was-was anaknya akan lemas dan mudah sakit karena kekurangan energi, demikian curhat beberapa ibu kepada saya.

Sesungguhnya, karena yang dibutuhkan dari nasi adalah karbohidrat, kita bisa menggantikannya dengan jenis karbohidrat lain, seperti: kentang, mie, bihun, roti, pasta dan lainnya. Namun ada baiknya, ibu tetap mencari tahu, apa sebabnya anak tidak mau makan nasi. Kalau buat saya, ini demi fleksibilitas, karena akan sangat menolong saya bila anak mau makan apa saja.

Ada anak tak mau makan nasi karena memang tidak suka atau mungkin karena bosan. Kalau kita tahu penyebabnya, mungkin kita bisa berusaha mensiasatinya seperti dengan membuat variasi rasa maupun tampilan menjadi lebih menarik dan lain dari biasanya. Nasi bisa dibuat nasi gurih seperti nasi uduk atau nasi kuning, dibuat model sushi, dibungkus seperti lontong, semar mendem, nasi bakar atau dicetak bentuk-bentuk lucu. Lauk  juga perlu divariasikan, karena bisa jadi, anak tidak mau makan nasi hanya saat lauk kurang menarik hatinya.

Satu hal yang perlu diingat, saat anak tak mau makan nasi adalah  jangan memaksa. Hargai penolakannya. Cari tahu penyebabnya dan coba cari solusinya. Kalaupun anak memang tidak menyukai nasi, ibu bisa memilihkan alternatif karbohidrat lain yang baik untuk anak. Sedapat mungkin pilih alternatif karbohidrat yang aman dari bahan pengawet, pewarna dan bahan artifisial lainnya.

Dengan memahami hal ini, ibu tak perlu lagi khawatir saat anak menolak makan nasi dan pastikan bahwakebutuhan  gizinya terpenuhi secara seimbang.

Happy Feeding!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s