Smart Mom

be smart, be wise..

Memasak Bersama Anak June 8, 2011

Filed under: damai — smartmom @ 6:58 pm
Tags:

Salah satu kegiatan yang membuat saya dan Damai makin dekat dan seru, MEMASAK! Ya, acara seru ini banyak sekali manfaatnya, antara lain:

-memperkenalkan salah satu pekerjaan rumah tangga

-memperkenalkan alat dan bahan masak

-melatih motorik

-‘mengisi’ anak dengan berbagai pengetahuan soal gizi

-memberi kepercayaan yang sangat berguna bagi anak untuk lebih percaya diri

ngg… apa lagi yah… rasanya banyak deh… silakan tambahkan  sendiri yaaa

 

Sejak kapan sih anak bisa diajak memasak?

kalau anak saya sejak usia 15 bulan sudah saya ajak ‘memasak’. kalau ikut ke dapur sih dari bayi yah, namanya juga bayi, suka digendong-gendong sambil kerja🙂. Tapi benar-benar memasak sekitar 15 bulan. Di usia itu, apa yang dilakukan? saya berikan beberapa bahan masakan misalnya setangkai kangkung, sambil menyebutkan namanya, “Kangkung….” Diapakan kangkungnya? Boleh saja kalau kita mau menunjukkan apa yang perlu dilakukan, misalnya memotong  dengan tangan, tetapi jangan berharap banyak anak melakukan hal yang sama. Biarkan ia melakukan apa yang diinginkannya dengan kangkung tersebut. Saya terbiasa menunjukkan hal yang sebenarnya meski anak saya waktu itu belum memahami.

Dari pengalaman, saya belajar bahwa mengajak anak memasak menjadi salah satu bagian penting dalam menumbuhkan kebiasaan makan yang baik. Saat memasak, kita  bisa ceritakan mengenai proses memasak makanan rumah. saat memasak bersama, saya merasa punya bahan cukup banyak untuk ‘mengisi’ anak saya dengan pengetahuan nutrisi. Dan saat anak saya sedang malas makan, biasanya, mengajaknya memasak membuat dia ingin makan masakannya sendiri.

Saat ini Damai 5 tahun, dan paling suka memasak bersama saya. Dia tak sabar menunggu waktu boleh memegang pisau sendiri, karena sampai saat ini belum saya ijinkan. Saat memasak bersama saya, Damai selalu mengatakan, “Nggak sabar pengen cepat mateng.” Dan luar biasa nikmat rasanya ketika melihatnya menyantap hasil masakan kami dengan lahap

Anda mau coba melakukannya?

 

Leave a Reply

