Smart Mom

be smart, be wise..

Stok Tumis Daging yang Sangat Menolong July 25, 2011

Filed under: resep — smartmom @ 1:03 am
Tags: ,

Saya seringkali kerepotan dan merasa sempet sekali waktunya untuk membuat bekal sekolah dan membuat makanan Damai sehari-hari. Hehe, salah satu resiko punya anak doyan makan nih..
Jadi saya harus cerdik mensiasatinya, salah satu caranya adalah dengan membuat masakan yg sekali masak bisa dipakai beberapa kali dan diolah menjadi makanan dengan tampilan berbeda.

Tumis daging ini contohnya. Saat hari saya memasak tumis daging, kami memakannya untuk lauk sebagian dan sebagian saya simpan di freezer untuk stok.
Hari berikutnya, saya gunakan tumis daging cincang ini untuk membuat saus daging campuran fusili yang jadi bekal sekolah.
Hari berikutnya, tumis daging saya pakai untuk membuat saus keju, untuk cocolan sate sayuran. Sungguh praktis dan sangat menolong. Detailnya seperti berikut:


Tumis daging giling
:bombay cincang, tomat cincang, daging giling, kasih merica, garam, pala bila suka. Pisahkan untuk lauk dan stok

Pasta saus daging: rebus pasta, panaskan tumis daging, tambah keju dan susu sedikit, siram ke pasta

Sate saus keju: sama spt saus daging tapi komposisi susu+keju lebih banyak dari daging, tambah havermut saat dipanaskan.

Bisa ditambah isi(jamur/jagung/wortel dll) & bumbu(lada hitam/oregano/basil) sesuai selera, rasa jmenjadi berbeda-beda.

 

6 Responses to “Stok Tumis Daging yang Sangat Menolong”

  1. bundaneisha Says:

    Asikkk dapat ide lagi buat bekal sekolah Nei..2 minggu ini tiap malam kudu muter otak mikir besok bekal apa yg sehat. Puji Tuhan..temen Neisha ada yg jadi mau makan sayur gara2 liat Nei bekalnya brokoli kukus..eh pulang sekolah minta mamanya beliin makanan yg sama dengan Neisha. Soalnya itu anak ketergantungan ama microlax saking ga mau makan sayur.

  2. bundaneisha Says:

    Oh ya Mba Sil..kalau utk saus sate keju..itu tumisan daging tinggal diangetin trus kasi susu dan keju aja ya? Itu yg disate kentang kan?

  3. smartmom Says:

    Haha, iya, seneng ya. Aku sekarang bwin damai bekal lbh soale ada temennya yg suka ikut makan, kapan itu bekelnya oreo, jd pas damai bawa sate sayuran celup saus keju dia seneng bgt

  4. smartmom Says:

    Iya, untuk saus daging, banyakin dagingnya, saus keju banyakin susunya. Akal2an emaknya aja hehehe

  5. bundaneisha Says:

    Mba Sil, kalau bikin tumis daging ini pake daging berapa banyak? Trus bisa disimpen brp lama? Aku hari ini coba bikin pake daging 1/4, tomat 1 buah, 1 buah bombay ukuran kecil.

  6. smartmom Says:

    Sesuai selera aja mon :d, aku gak pernah pakai takaran. Kalau di freezer aku pernah seminggu masih enak aja


Leave a Reply

