Smart Mom

be smart, be wise..

Somay Ayam Havermut October 1, 2011

Filed under: resep — smartmom @ 8:37 am

Aslinya resep ini utak atik dari resep somay keju yang pernah saya posting beberapa waktu yang lalu. Mau somay ayam atau ikan, sama kok enaknya.

Spesialnya resep ini adalah, isinya padat gizi dan serat, coba aja lihat bahan-bahannya:

500 gr ayam cincang/ikan tenggiri yang dihancurkan, lalu masukkan kulkas sampai dingin
2 sdm udang(bisa lebih banyak, kebetulan cuma 2 sendok yang tadi ada di rmh), cincang halus, lalu sangrai hingga mengering
1 buah labu siam ukuran sedang, parut kasar, peras dan dinginkan di kulkas
1 batang daun bawang, iris halus
1 buah wortel, cincang halus
100 gr havermut
2 butir telur dingin dari kulkas
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 siung bawang putih, haluskan

Bahan tambahan:
Tahu (saya pakai tahu untuk tambahan kandungan protein)
Kulit pangsit (saya masih tidak yakin dengan kulit pangsit yang beli di pasar, tapi belum pernah buat. Ada yg punya resepnya?)

Sambalnya lihat resep somay keju yah.. Kalau saya makannya pakai bumbu pecel kacang sangrai buatan ibu saya🙂

Cara masak:
Campur semua bahan sampai rata, bentuk dengan sendok, lalu kukus 15-20 menit

Untuk tahu, saya potong2 tahu, tata di loyang lalu beri atasnya adonan somay, kukus sampai matang

Oiya, saya buat 50 potong tahu topping somay, lumayan banyak, bisa untuk stok beberapa hari.

Untuk anak yang MPASI bisa lho, skip aja garamnya dan pakai kuning telur saja. Untuk yang menghindari kuning telur, bisa pakai putihnya saja.

Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

