Smart Mom

be smart, be wise..

Orak-arik Gurame October 6, 2011

Filed under: Refleksi — smartmom @ 2:04 am

Buat orang yang suka ikan, makan ikan diolah apa saja tentu tak masalah. Sayangnya saya tidak termasuk golongan itu. Saya tidk terlalu suka ikan, dan hanya ikan goreng yang masih bisa saya nikmati.
Sementara, saya menghindari penggunaan minyak goreng sebanyak mungkin, jadi perlu kreatif dengan olahan ikan.
Berikut ini adalah olahan ikan yang rasanya enak untuk lidah saya tapi tanpa minyak goreng.

Bahan:
500 gr ikan gurame, difillet dan potong2 jari, kucuri jeruk nipis, sisihkan
1 siung bawang putih, iris halus
2 siung bawang merah iris halus
1 buah tomat potong-potong kecil
1/2 sdt garam
1 ruas jahe, memarkan
1/4 sdt merica bubuk
Cabe iris bila suka
Cara membuat:
1. Panaskan wajan anti lengket, siapkan tutupnya
2. Masukkan semua bahan, aduk2 rata, tutup, kecilkan api maksimal, diamkan 5 menit
3. Buka tutupnya, buat orak arik. Saya senang membiarkan ikan sedikit mengering, lalu baru diaduk, sehingga ada efek digoreng memanfaatkan minyak dr ikannya sendiri.

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

