Smart Mom

be smart, be wise..

Enam Tahun (posting yang terlambat) June 7, 2012

Filed under: damai — smartmom @ 4:56 pm
Tags:

Postingan ini terlambat karena seharusnya sudah saya tulis lebih dari sebulan lalu, saat gadis cilik saya menginjak usia 6 tahun.

Seperti juga orang tua lain, saya tentu merasa jadi orang yang beruntung dan terberkati mendapatkan kepercayaan untuk membesarkan seorang (atau lebih) anak. Terlebih saya mendapat kesempatan belajar untuk menjadi orang yang lebih baik dari hari ke hari. Perjalanan pendewasaan diri saya sangat terbantu dengan hadirnya bocah kecil yang kini beranjak besar. Ya, enam tahun usianya.

Apa yang saya dapatkan tentu saja kebahagiaan luar biasa. Hari-hari saya terasa riang, seru, menyenangkan, penuh tantangan dan pelajaran yang memperkaya diri saya.

Sejak dalan kandungan, saja jadi belajar soal kesehatan dan nutrisi. Selanjutnya saya belajar soal tumbuh kembang, pengasuhan dan secara mental saya berlatih menjadi pribadi yang lebih dewasa, bijak, rasional dan sabar.

Puji Tuhan, Damai, yang dititipkan Tuhan pada kami adalah teman belajar yang menyenangkan. Rasanya saya tidak ingat pernah mengalami kesulitan dalam mengasuhnya, kecuali di rentang usia 13-17 bulan saat Damai mogok makan sayur dan menolak hampir semua makanan yang saya tawarkan. Tapi dari pengalaman itu saya belajar banyak hal soal menangani anak yang mogok makan. Saya juga belajar mengolah aneka masakan untuk Damai dan tentu saja belajar untuk konsisten hanya menawarkan makanan yang sehat.

Selebihnya, hari-hari kami terasa mengalir begitu ringan. Tangis dan kesedihan yang dialami menjadi sarana belajar bagi kami menjadi teman terbaik dan membuat kami saling mendewasakan.

Tak lama lagi, gadis kecil kami akan menjadi siswa sekolah dasar. Tentu masih panjang proses belajarnya untuk menjadi pribadi dewasa yang penuh semangat juang, tanggung jawab dan bisa berguna bagi masyarakat. Saya pun akan terus belajar menjadi sahabat terbaiknya. Semog kita bisa selalu menyamankan satu sama lain ya nak.

Terima kasih Tuhan untuk enam tahun yang berharga, enam tahun penuh kebahagiaan.

 

Leave a Reply

