Smart Mom

be smart, be wise..

Pilihan – Risiko Pilihan July 11, 2013

Filed under: Refleksi — smartmom @ 10:05 am
Tags:

Kali ini mau cerita soal Damai.  Mudik kemarin, menjadi mudik yang berbeda untuk Damai. Dari mulai pengambilan keputusan akan mudik naik apa, Damai ikut urun rembug. Dan keputusan kami bersama, mudik dengan bus ternyata merupakan keputusan terbaik  karena perjalanan pulang kami ke Tangerang harus ditempuh selama 21 jam. Awalnya pilihannya adalah membawa kendaraan sendiri atau naik bus dan dengan berbagai pertimbangan, terutama mempertimbangkan Damai yang masih ragu naik mobil untuk waktu yang cukup lama, kami sepakat naik bus saja. Rencana mudik naik mobil di bulan Desember nanti. Dan perjalanan panjang di bus sama sekali tidak terasa melelahkan karena kami semua fun. Damai juga tidak mengeluh di kemacetan, kami tetap bercanda, cerita dan tertawa. Puji Tuhan juga, kami mendapat bus dan awak bus yang membuat kami tetap nyaman di perjalanan

Selain pemilihan kendaraan, Damai juga memutuskan membawa ranselnya sendiri. Awalnya saya keberatan, karena khawatir nanti Damai lelah dan akhirnya justru akan menambah bawaan saya dan papanya. Tapi Damai berhasil meyakinkan saya bahwa dia akan membawa sendiri ranselnya sampai nanti kembali ke rumah kami. Saya paparkan kembali berbagai konsekwensi yang mungkin harus dia hadapi dengan membawa ransel berisi barang-barangnya : buku-buku, mainan, makanan, alat tulis, tissue dan pakaian (Hanya pakaian dalam, jaket dan selimut di tas Damai). Damai siap dengan semua resikonya dan saya belajar mempercayainya. Sebenarnya saya bersyukut dan tentu berterima kasih pada Damai karena dengan membawa ransel sendiri, sebagian barang yang harusnya masuk tas saya, bisa dibawa oleh Damai sendiri.

Damai membuktikan tekadnya, Tak sedikit pun minta bantuan dari papa mamanya untuk membawa ransel yang cukup berat itu. Beberapa kali papanya membawakan selalu diminta kembali. Hanya sekali seingat saya tas itu dibawa papanya, yaitu saat harus buru- buru turun dari terminal menuju bus yang akan membawa kami kembali ke Tangerang. Tas Damai sempat kami pinjam untuk pergi jalan-jalan, setelah membongkar isinya.

Image

Perjalanan pulang dari Candi Prambanan, sebelum ke hotel, jadi bawaan masih full, kecuali makanan yang sudah dimakan di perjalanan.

Sepanjang liburan, saya belajar untuk  lebih  percaya pada Damai dan pilihan-pilihan yang diambilnya, Belajar untuk menjadi kamus saat dibutuhkan. Dan liburan akhir tahun ajaran ini membuat saya menyadari, Damai kecilku sudah  beranjak dewasa, menimbang dan berani memilih berdasarkan pertimbangan risiko serta siap dengan segala konsekwensinya. Puji Tuhan… Terima kasih ya kak, mama bangga jadi mamanya kakak. Selamat menjadi anak kelas 2 SD ya…

 

Leave a Reply

