Smart Mom

be smart, be wise..

Kukis Cokelat Cip September 12, 2013

Filed under: Dapur Kenari,resep — smartmom @ 3:43 am

 

Sekali-sekali posting resep aah…. mumpung sempat pegang laptop jadi ngetiknya nggak banyak typo:) Kali ini resep kue yang pasti disuka anak-anak dan dewasa, apalagi penggemar coklat. Kue kering cokelat yang renyah dengan cokelat cip.  Yak… kukis cokelat cip (Chocolate Chip Cookies). Resepnya sederhana dan mudah. Beda dengan resep-resep kukis saya lainnya yang kebanyakan tidak pakai telur, di resep ini saya pakai kuning telur. Tapi tetap bisa diskip kalau nggak ada atau nggak mau pakai, kukis tetap renyah dan enak (saya sering nggak pakai juga kok). Kalau mau tau beda rasanya pakai sama nggak pakai, coba aja keduanya, hehehe…

  Kukis Cokelat Cip

Bahan:

75 gr mentega (suka-suka aja mau yang asin atau tawar, saya lebih suka yang tawar karena margarinnya sudah asin)

75 gr margarin 

75 gr gula halus, disaring/ayak/blender dulu supaya nggak ada yang menggumpal

1 kuning telur

1 sdm maizena

25 gr susu bubuk

175 gr terigu(bisa pakai terigu serbaguna ataupun yang protein rendah)

1 sdm coklat bubuk

1/2 sdt vanili bubuk

75 – 100 gr coklat cip (sesuai selera aja. Saya suka sisihkan sebagian untuk menambahkan di atas kukis setelah adonan dibentuk, siapa tahu ada yang coklat cipnya tenggelam semua di adonan)

Cara membuat:

1. Kocok mentega, margarin, gula halus sampai lembut, lalu masukkan kuning telur, kocok lagi sebentar. Pengocokan ini tidak boleh sampai terlalu lama dan mengembang, karena nanti kukis akan sangat mbleber saat dipanggang dan rapuh. Saya biasanya maksimal 3 menit.

2. masukkan bahan bubuk/tepung dan vanili yang sudah diayak sebelumnya (terigu, maizena, susu bubuk, coklat bubuk), aduk rata dengan spatula atau sendok besar.

3. Tambahkan cokelat cip, aduk rata.

4. Adonan siap dibentuk. Saya bentuk dengan dua buah sendok lalu ditekan garpu dan dirapikan pinggirnya, karena adonan agak lembek.  Kalau ingin mendapatkan adonan yang bisa dicetak dengan cookie cutter, boleh ditambah sedikit tepung sampai nggak terlalu lengket aja. Nggak perlu takut gagal atau nggak enak kuenya, pasti jadi dan enak juga kok asal nggak gosong aja. Saya sering juga buat yang dicetak, tetap renyah walau sedikit lebih padat.

5. Panggang dengan suhu 150 derajat C, kurang lebih 25 menit. Tiap oven bisa berbeda yah… coba tengok aja kalau sudah 20 menit. Bagian bawah sudah lebih coklat (jangan sampai gosong yaa) tapi kadang masih empuk. Itu nggak apa, nanti di suhu ruang kukis akan mengeras saat dingin. Kalau tunggu sampai keras di oven, pasti jdnya gosong🙂

Selamat mencoba!  

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s