Smart Mom

be smart, be wise..

MPASI Baby N September 12, 2013

Filed under: feeding,healthy — smartmom @ 4:48 pm

Belum.. saya belum punya bayi lagi🙂 Doakan yaaa… semoga masih dipercaya punya bayi lagi.

Sebenarnya mau cerita soal MPASInya bayi teman saya, sebut aja baby N yaa… (sudah bilang mau cerita tapi belum minta ijin sebut namanya, hehe..), tapi tidak sempat-sempat buka laptop. Sekarang bisa buka sebentar, dan karena baru saja membuat twit berseri soal mpasinya babyN,  saya salin dan rapikan di sini yah… mudah-mudahan update selanjutnya bisa posting  yang lebih lengakap. Semoga berguna untuk para orang tua yang sedang mulai memberikan MPASI.

==========

Sudah sekitar 3 minggu mendampingi teman yang sedang mulai memberi #mpasi bayinya. Sama-sama belajar menerapkan pengetahuan yg sudah diupdate:)

Baby N mulai makan 17 Agustus lalu, bubur beras merah, dengan tekstur halus, konsistensi kental. Tak perlu khawatir bayi tak bisa makan bubur dengan konsistensi tersebut, karena begitu masuk mulut akan bercampur liur, yg penting teksturnya lembut .

Bubur saring 2

Bila diperlukan, sediakan asi di sisi bubur. Ada bayi yg masih perlu rasa asi agar tidak asing dengan makanan barunya. Saya tdk menganjurkan dicampur sampai bubur jadi encer karena biasanya justru malah banyak terbuang atau disembur (beda2 di tiap bayi) .

Tidak dianjurkan penggunaan blender dgn menambah air yg membuat bubur menjadi kurang padat gizi. Gunakan saringan atau grinder sesuai kebutuhan.

Bubur saring1

Suapkan sedikit demi sedikit, mulai dari seujung sendok bayi untuk suapan pertama, lihat reaksinya saat bayi mengenali makanannya.

Bayi bisa mencoba semua bahan makanan alami, tapi perhatikan potensi alergi juga yah… Saya pilih serealia untuk makanan awal. Selanjutnya coba makanan satu persatu: sayur, buah, daging, ayam, telur dll… Animal product boleh kok diberikan sejak 6 bulan. Untuk bahan makanan yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi, ibu perlu mencobanya selama beberapa hari. Dengan mencoba beberapa hari, selain bayi menjadi lebih kenal rasanya, bila ada reaksi alergi akan mudah dideteksi penyebabnya.

Tak perlu penambahan garam dan gula di makanan bayi. Biarkan bayi belajar menikmati rasa asli makanan. Garam memperberat kerja ginjal dan pemberian gula terlalu dini akan mempercepat bayi mengenali rasa manis gula yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Daging merah dikenalkan di 6 bulan yah… Untuk memastikan asupan zat besi tercukupi. Untuk memasak daging, saya rebus sampai empuk, tiriskan, lalu gunakan grinder/blender kering untuk menghaluskan.

Saya menyarankan penyajian terpisah tiap bahan makanan, bisa gunakan piring bersekat. Penyajian terpisah membuat rasa asli makanan tidak tercampur dan akan tampak lebih menarik karena warna-warni.

Sayur dikukus, buah bisa dikukus dulu atau lgs dihaluskan. Dikukus untuk mendapat tekstur yg halus (misal: apel, pir). Kalau buah sudah cukup halus dan bayi bisa makan, tak perlu dikukus lagi.

Oh iya, diary MPASI berguna sekali lho, selain jadwal menu. Catatan reaksi bayi saat makan makanan tertentu akan sgt berguna.

Hari ke-3 dan 4 baby N nyembur2 semua makanannya, ternyata karena asi yg ditaruh di pinggir tercampur dan membuat makanan jd encer. Lalu dicoba supaya asinya tidak bercampur, cuma untuk minum bila perlu saat habis suapan. Baby N pun makan dengan lancar🙂

 

 

 

 

One Response to “MPASI Baby N”

  1. […] dua tahun lalu saya membantu teman untuk membuatkan jadwal MPASI anaknya dan membuat tulisan di sini tentang hal-hal utama yang perlu diketahui tentang makanan pendanping ASI. Ternyata saat ini teman […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s