Smart Mom

be smart, be wise..

Roti Empuk October 15, 2013

Filed under: Refleksi — smartmom @ 5:44 pm
Tags: ,

Image

 

Sudah hampir 2 tahun hand mixer di rumah berganti menjadi mixer yang heavy duty, yang mana sesungguhnya layak juga dipekerjakan untuk menguleni adonan roti. Tapi rasa malas selalu menang, hehehe… dan akhirnya, untuk pertama kalinya saya membuat roti tanpa menguleni dengan tangan. Awalnya sih karena terpancing teman-teman yang sedang asyik bergaul sama bread machine, yang prakteknya mereka proofing di luar dan memanggang roti di oven juga untuk hasil lebih maksimal.
Jadi saya pikir kenapa tidak memanfaarkan ‘robot’ saya di rumah.

Saya pilih resep yang paling sederhana yaitu resep roti empuk NCC

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi. Saya pakai cakra kembar
100 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi instant
½ sdt bread improver. Saya tidak pakai.
4 btr kuning telor
300 ml air es (penggunaannya sedikit demi sedikit. Saya pakai hanya sekitar 230 ml)
½ sdt garam

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
2. Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis. (Setelah ini saya diamkan 1 jam)
4. Kempeskan, timbang sesuai yang diinginkan lalu bentuk dan beri isi sesuai selera.
5. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali (saya diamkan sekitar 20 menit), poles dengan susu evaporate/cair

6. Panggang dalam oven hingga matang ( suhu 180 derajat selama 15 menit) .

7. Setelah diangkat, oles permukaannya  dengan mentega saat masih panas.

Saya tulis ulang cara buatnya sesuai yang saya lakukan. Untuk yang mau cari resep aslinya, silakan googling soft bread NCC yah…

 

Leave a Reply

