Smart Mom

be smart, be wise..

Roti Unyil October 27, 2013

Filed under: Refleksi — smartmom @ 5:44 am
Tags: ,

Ketagihan bikin roti ceritanya. Yah, walau nggak bisa sering-sering seperti teman-teman saya, tapi tetap semangat membuat roti kalau ada waktu luang. Kali ini saya menggunakan resep roti unyil yang saya temukan di blognya Nenis, http://nenis-mykitchen.blogspot.com/2009/10/membuat-roti-unyil-yuuuk.html. Belum terlalu memuaskan hasilnya karena saya keburu ngantuk dan waktu mendiamkan adonannya kurang lama. Tetapi yang jelas saya sudah berhasil mendapatkan adonan yang elastis, yaitu adonan yang kalau ditarik atau dilebarkan bisa sampai tipis tanpa sobek.

Image
ROTI UNYIL
Resep dari ROTI TAIWAN
Bahan A :
480gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
120gr terigu protein sedang (segitiga biru)—> saya menggunakan 450 gr terigu cakra dan 150 gr terigu serbaguna
110gr gula pasir
20gr susu bubuk australia– > saya pakai indomilk
11gr ragi instan (Fermipan 1 bungkus)
Bahan B :
1 butir telur
300ml air es
Bahan C :
60gr butter
10gr garam
Cara membuat :
Campur bahan A sampai rata, masukan bahan B, uleni sampai menjadi adonan padat,
lalu masukan bahan C, uleni terus hingga kalis, diamkan 46 s/d 60 menit.
Kempiskan adonan, bagi adonan kecil-kecil sesuai selera. Sarannya sih sekitar 7 gr, bulatkan, diamkan 5 menit, lalu bentuk dengan aneka model. Saya hanya membuat bulat dengan isi coklat, keju, kismis. Diamkan lagi selama 20 menitan, poles atasnya dengan campuran kuning telur dan susu. Lalu oven dengan suhu 180 C selama kurleb 20 menit
Untuk roti unyil yang saya buat jadi sekitar 65 pcs.
note: dari hasil membaca banyak literatur tentang roti, disarankan membagi adonan roti dengan memotong, tidak menariknya supaya mendapatkan tekstur roti yang halus.
selamat mencoba ya.. semoga lebih sukses dari saya🙂
 

Leave a Reply

