Smart Mom

be smart, be wise..

Berhitung Asupan Makanan dengan Aplikasi Myplate Tracker July 13, 2015

Filed under: feeding — smartmom @ 3:31 pm

Tulisan ini sungguh tak cocok untuk saat-saat menjelang lebaran seperti ini, karena pasti akan dikhianati (Saya sih yang bakal gitu). Tak apalah ya, mumpung semangat masih menggebu.

Saya belajar soal MyPlate melengkapi pengetahuan soal piramida makanan seimbang. Dulu situsnya adalah http://www.mypyramide.gov, tapi sekarang berubah menjadi www.choosemyplate.gov. MyPlate menjadi panduan makan sehari-hari, berupa diagram gambar berwarna yang menampilkan pembagian kelompok makanan sesuai kebutuhan kita.

Semalam saat sedang mencari foodtracker di web MyPlate, sambil ngobrol bareng suami, kami, tepatnya suami saya, menemukan MyPlate Tracker ini di playstore. Waah… telat banget saya ya, ternyata ada aplikasinya. Segera saya download aplikasi tersebut. Bagus dan helpful nampaknya.

image

Ada dua bagian dalam Myplate Tracker, yang satu adalah Daily Food Plan dan satu lagi Food Tracker.

Daily Food Plan berisi saran jumlah kalori, jenis makanan beserta jumlahnya untuk kita konsumsi sehari-hari. Ini disesuaikan dengan data usia, berat dan tinggi badan yang kita masukkan sebelumnya.

image

Food Tracker berisi kolom pengisian data jenis dan jumlah makanan yang kita makan, sekaligus penghitungnya.

image

image

Di bagian bawah food tracker ada grafik berwarna yang akan menampilkan prosentase jumlah kebutuhan makanan di tiap kelompok makanan yang sudah terpenuhi.

image

Tentu saja kolom pengisian jenis makanannya tidak bisa detil seperti misalnya kita makan tempe goreng, gado-gado dan sebagainya. Untuk kolom protein, seperti ini tampilannya

image

Jadi kita perlu mengkategorikan sendiri jenis makanan yang kita makan untuk dimasukkan datanya ke daftar isian tersebut.

Saya masih mencoba-coba menggunakan aplikasi ini, rasanya sih menyenangkan. Menurut MyPlate Tracker, dengan usia saya 37 tahun, berat badan 55 kg dan tinggi 154 cm, kebutuhan harian saya adalah 2000 kalori. Saya memutuskan untuk memenuhi maksimal 1500 kalori saja, mengingat bahan dan cara pengolahan bisa membuat jumlah klaori dalam makanan bertambah, misalnya kalau sedang ingin makanan yang digoreng, minyak goreng pasti membuat hitungan kalori bahan makanan menjadi berbeda.

Silakan coba dan share ya teman-teman. Ngg.. kayaknya saya mau abis lebaran aja sih, pengen puasin makan rendang dan opor dulu🙂

 

Leave a Reply

