Smart Mom

be smart, be wise..

Nastar July 14, 2015

Filed under: Dapur Kenari,resep — smartmom @ 7:30 pm

Jenis kue satu ini adalah favorit saya dan lidah saya picky banget. Jarang terpuaskan oleh nastar-nastar yang ada hampir di setiap meja tamu di hari raya.
Seingat saya, pertama kali saya membuat nastar adalah saat lebaran 2011. Saya nekat memberanikan diri menerima pesanan nastar dan standar rasanya adalah sesuai lidah picky saya. Puji Tuhan, banyak yang suka. Sampai saat ini, nastar jadi kue kering favorit pelanggan Dapur Kenari di hari raya.

Setelah selesai mengemas toples terakhir, saya punya sisa satu toples ini.

image

Sebagian sudah pindah ke perut

Resep yang saya pakai adalah resep bu Fatmah Bahalwan, NCC. Banyak baker pakai resep ini tapi mungkin rasanya bisa beda-beda tergantung bahan (mentega dan margarin) yang digunakan dan konsistensi adonan yang dibuat. Saya bisa bilang begitu karena saya sudah mencoba berbagai komposisi dan konsistensi adonan. Resep asli mengatakan 500 gr mentega dan margarin, dan disarankan untuk menggunakan separuh mentega dan separuh margarin. Dari beberapa kali percobaan saya, merek mentega akan berpengaruh besar terhadap rasa. Konsistensi adonan pun berpengaruh. Seringkali, karena saya menggunakan terigu yang sudah disangrai dan didinginkan sebelumnya, jumlah tepung yang disarankan di resep (700 gr) perlu ditambah sampai bisa dipulung dan dibulatkan dengan enak. Untuk hasil akhir yang pas di lidah saya, adonan tidak lengket dan mudah saat dibulatkan. Ini akan membuat hasil akhirnya renyah ngepyur. Pernah saya membuat dengan konsistensi adonan yang ketika dibulatkan harus lebih lama krn mudah pecah, hasil akhirnya enak tapi sedikit keras alias kurang ngepyur. Tapi ada jg yg seleranya seperti ini kok. JadieJadiKalaamg perlu coba beberapa kali untuk tahu seberapa yang pas dengan selera lidah kita. Dengan konsistensi adonan ala saya, selain hasil akhir yg ngepyur, proses membulatkan nastar juga bisa lebih cepat.

Ih, kebanyakan ya ceritanya. Jadi mana resepnya?
Ini dia:

Bahan:
500 gr mentega dan margarin. Saya menggunakan 350 gr mentega dan 150 gr margarin.
100 gr gula halus
4 kuning telur
700 gr terigu, saya selalu menyangrai dulu terigu, sebentar saja, sampai agak ringan dan hangat, tujuannya supaya lebih renyah dan tahan lama
4 sdm susu bubuk

Bahan olesan: 2 buah kuning telur, dikocok rata, tambahkan 1 sendok teh mentega leleh dan 1 sendok teh madu ===> ini komposisi hasil utak atik saya sendiri

Cara membuat:
1. Kocok mentega,margarin dan gula, sebentar saja hanya sampai rata.
2. Masukkan kuning telur, kocok lagi sebentar hingga rata
3. Masukkan terigu dan susu yang sudah diayak, aduk rata
4. Bentuk bulat, pipihkan, isi dengan selai dan kembali bulatkan, tata di loyang, poles denga bahan olesan
5. Panggang sampai permukaannya kuning kecoklatan. Saya panggang di suhu 150 derajat kurang lebih 20 menit. Jangan lupa panaskan oven sebelumnya sampai suhu yang dibutuhkan.

Untuk selai nanas, saya order sama ibu saya, jadi nggak punya resepnya. Silakan googling resep selai nanas NCC aja yah.

Catatan penting yang saya pelajari saat membuat nastar:
~ mengocok adonan bisa tanpa mikser, asal rata aja, pakai garpu atau hand whisk
~ mengocoknya sebentar saja agar tidak mbleber saat dipanggang
~ sebaiknya sesedikit mungkin adonan terkena tangan karena panas suhu tangan akan membuat mentega dalam adonan meleleh dan akan membuat kue keras atau kurang renyah saat matang.
~untuk memoles adonan saya sering psksi cara ini: panggsng adonan yang belum dipoles selama kurang lebih 20 menit, keluarkan, poles lalu panggang lagi sebentar sampai kuning kecoklatan atau sesuai warna yang diinginkan.
Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s