Smart Mom

be smart, be wise..

Coffee Crunch Cookies July 16, 2015

Filed under: Dapur Kenari,Hari Raya,resep — smartmom @ 8:28 pm

image

Sesungguhnya saya agak bingung menamai kue ini, tapi akhirnya memutuskan pakai nama butter cookies, yang akhirnya saya ganti dengan yang kenih cocok, coffee crunch. Kedua cinta saya di rumah bilang enak banget. “Pantes aja papa ngabisin, enak bangeet!”

Kukis ini saya buat untuk hantaran di hari Idul Fitri. Saya tambahkan choco crunch untuk topper kukisnya. Sebelumnya saya juga buat resep yang sama tanpa rasa kopi dan sempat juga membuatnya dengan cetakan bentuk ikan. Jadi, simpan resep ini dan bisa dipakai untuk aneka rasa dan bentu kue kering. Masing-masing bisa berbeda dan spesial juga walau resepnya sama.

Bahan:
150 gr mentega
150 margarin
75 gr gula halus, bisa ditambah sampai 100 gr untuk rasa lebih manis
50 gr maizena
50 gr susu bubuk
300 gr terigu protein rendah
1 sdt esens kopi, silakan ganti rasa lain atau skip bila suka
Choco crunch untuk topper

Cara membuat:
1. Kocok mentega, margarin, gula halus hingga rata dan lembut, sekitar 1 menit suhu tinggi. Bila tak ada mikser, bisa kocok dengan garpu atau hnd whisk.
2. Masukkan susu bubuk, maizena dan terigu yang sudah diayak sebelumnya. Aduk rata. Tambahkan esens, aduk kembali hingga merata.
3. Masukkan adonan dalam piping bag, lalu semprot bentuk bulat.
4. Beri choco crunch dengan cara ditekan.
5. Panggang dengan suhu 150 derajat selama 25 menit atau sampai warnanya kecoklatan dan matang sempurna.

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

